Lifestyle

Punya Mobil Tapi Tak Ada Garasi, Mengapa di Permukiman Banyak Terjadi? Ini Kata Pengamat Sosial

Unggahan sebuah akun Instagram yang menampilkan spanduk peringatan untuk mempersiakan garasi sebelum membeli mobil menjadi perhatian netizen

Punya Mobil Tapi Tak Ada Garasi, Mengapa di Permukiman Banyak Terjadi? Ini Kata Pengamat Sosial
CAPTURE YOUTUBE
Garasi 

Punya Mobil Tapi Tak Ada Garasi, Mengapa di Permukiman Banyak Terjadi? Ini Kata Pengamat Sosial

TRIBUNMANADO.CO.ID - Unggahan sebuah akun Instagram yang menampilkan spanduk peringatan untuk mempersiakan garasi sebelum membeli mobil menjadi perhatian netizen.

"Siapkan garasinya dulu sebelum beli mobil. Jalan kampung adalah milik warga bro. Bukan garasi mobil pribadimu," demikian bunyi spanduk tersebut.

Mengapa fenomena ini terjadi? Pengamat Sosial, yang juga pengajar di Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti, Rissalwan Habdy Lubis mengatakan, di tengah masyarakat Indonesia, memiliki mobil seakan menjadi sebuah gengsi.

“Saya kira kepemilikan mobil saat ini memang lebih kepada gengsi dan upaya menunjukkan status sosial-ekonomi tertentu daripada fungsi dan utilitasnya,” ujar Habdy saat dihubungi Kompas.com, melalui pesan tertulis, Selasa (8/10/2019).

Menurut dia, tuntutan gaya hidup itu kerap kali membuat mereka tak berkaca dengan kondisi yang dimilikinya. Hal itu termasuk ketika memutuskan membeli mobil, tetapi tak mempersiapkan ruang untuk garasi.

Habdy mengatakan, dalam konteks masyarakat yang tinggal di kota, mobil pribadi sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Alasannya, lokasi tempat tinggal di tengah kota seharusnya relatif terjangkau oleh fasilitas kendaraan umum.

POPULER

> Ketua Fraksi NasDem Ngamuk dan Banting Meja setelah Rapat Pembentukan AKD

> Ahok Gusur Kampung Akuarium, Kini Malah Akan Dibangun Rumah Lapis oleh Anies

> Penderita Hipertensi dan Diabetes Jangan Tidur Kurang dari 6 Jam, Akibatnya Fatal

“Berbeda dengan para penglaju yang mungkin memang perlu untuk mengemudi mobil sendiri karena alasan jarak dan kenyamanan perjalanan,” ujar Habdy.

Mengenai terbatasnya lahan rumah sehingga banyak pemilik mobil yang tak bisa memiliki ruang di rumahnya untuk garasi, Habdy berpandangan, hal ini bisa disiasati.

Halaman
12
Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved