Pimpinan MPR Bagi-bagi Tugas

Para pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat menggelar rapat perdana di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).

Pimpinan MPR Bagi-bagi Tugas
(Dok. Partai Golkar)
Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024 melalui musyawarah mufakat, Kamis (3/10/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Para pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat menggelar rapat perdana di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10). Dalam rapat tersebut para pimpinan MPR berbagi tugas.

Rapat yang diselenggarakan secara tertutup tersebut diikuti oleh 10 pimpinan MPR. Mereka yang hadir adalah Bambang Soesatyo, Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Arsul Sani, Hidayat Nur Wahid, Syarief Hasan, Zulkifli Hasan, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid dan Fadel Muhammad. Rapat itu berlangsung selama dua jam mulai pukul 12.00 WIB.

Baca: Pelantikan Jokowi-Maruf Pukul 14.00 WIB

Seusai rapat Ketua MPR Bambang Soesatyo mengumumkan komposisi pimpinan MPR. Bambang mengatakan komposisi pimpinan MPR kali ini memiliki keragaman kekuatan dan pengalaman. Di barisan pimpinan MPR saat ini terdapat dua mantan ketua MPR, tiga mantan menteri, dua ketua umum partai politik, dua wakil partai dan wakil sekretaris jenderal partai politik.

"Melalui rapat ini kami sepakat membagi diri menjadi 10 bidang," ujar Bambang.

Bambang Soesatyo bertugas sebagai koordinator umum pelaksanaan wewenang dan tugas MPR periode 2019-2024. Ahmad Basarah, kader PDI Perjuangan, membidangi sosialisasi empat pilar.

Lestari Moerdijat dari Partai Nasdem membidangi penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah. Syarief Hasan (Partai Demokrat) mendapat tugas di bidang pengakajian ketatanegaraan.

Fadel Muhammad, Dewan Perwakilan Daerah, mendapat tugas di bidang penganggaran. Ahmad Muzani dari Partai Gerindra membidangi kajian ketatanegaraan. Zulkifli Hasan, ketua MPR pada periode sebelumnya, membidangi persidangan. Jazilul Fawaid dari Partai Kebangkitan Bangsa bertugas di bidang hubungan antarlembaga negara.

Hidayat Nur Wahid, juga mantan ketua MPR, mendapat tugas di bidang evaluasi dan pelaksana ketetapan MPR. Arsul Sani dari PPP bertugas di bidang akuntabilitas kinerja MPR.

Rapat tersebut juga memutuskan pembentukan tiga badan di MPR. Tiga badan tersebut adalah badan sosialisasi, badan pengkajian dan badan penganggaran. Badan sosialisasi akan dipimpin oleh Fraksi Gerindra, sedangkan perwakilan dari Nasdem, PAN, PKS dan DPD menjadi wakil ketua. Badan pengkajian dipimpin Fraksi PDI Perjuangan, sedangkan perwakilan dari Golkar, DPD, PPP dan Demokrat menjadi wakil. Perwakilan dari Fraksi Golkar akan memimpin badan penganggaran, sedangkan wakil dari PKB, DPD, Gerindra dan PDI Perjuangan menjadi wakil.

Baca: Munarman Tebar Senyum: PA 212 Siapkan 100 Pengacara

"Semua ini sudah diputuskan secara musyawarah mufakat sesuai dengan budaya kita," kata Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved