Pelantikan Jokowi-Maruf Pukul 14.00 WIB

Pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10) mendatang

Pelantikan Jokowi-Maruf Pukul 14.00 WIB
ISTIMEWA
Presiden-Wapres Terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10) mendatang akan digelar pukul 14.00 WIB. Jadwal pelantikan yang semula pukul 16.00 WIB dimajukan untuk memberikan kesempatan beribadah kepada umat Katolik, Protestan dan Islam.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo setelah rapat tertutup dengan sembilan pimpinan MPR lain di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).

Baca: Wawancara Khusus Wali Kota Bitung Max J Lomban, Banyak Program, Capaian hingga Prestasi

Bambang Soesatyo memaparkan rencana semula upacara pelantikan Jokowi-Maruf pada pukul 16.00 WIB adalah karena ingin memberikan kesempatan beribadah kepada umat Katolik dan Protestan yang beribadah pada hari Minggu. Selain itu MPR tidak ingin mengganggu masyarakat yang ingin berolahraga pada car free day.

Namun demikian, rencana tersebut dinilai terlalu sore atau berdekatan dengan waktu salat magrib. Selain itu, car free day berakhir pukul 11.00 WIB, waktu ibadah umat Katolik dan Protestan selesai pukul 12.00-13.00 WIB. Sedangkan pada waktu yang hampir bersamaan umat Islam selesai melaksanakan salat zuhur. Kemudian setelah acara pelantikan umat Islam bisa melaksanakan salat asar.

"Kalau jam 16.00 terlalu mepet dengan magrib. Akhirnya kita sepakat untuk mengusulkan, kepada Kesekjenan atau protokol Istana dan presiden, untuk dilakukan jam 14.00," tutur Bambang.

Baca: Munarman Tebar Senyum: PA 212 Siapkan 100 Pengacara

Mengenai perubahan jadwal pelantikan ini, Polri tetap mengacu pada pertimbangan yang disampaikan oleh MPR. Saat berbicara di kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Rabu (9/10), Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Asep Adi Saputra mengatakan, "Saya kira kita harus memedomani pertimbangan yang disampaikan lembaga (MPR) bahwa pertama untuk menghormati saudara-saudara kita yang beribadah pada pagi hari."

Undang Prabowo dan Sandiaga

Pimpinan MPR akan mengundang kandidat presiden dan wakil presiden pada pemilihan umum 2019 lalu yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang. Kepastian ini muncul setelah rapat para pimpinan MPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10). Ahmad Muzani, wakil ketua MPR yang juga sekretaris jenderal Partai Gerindra, akan menyampaikan undangan ini kepada Prabowo Subianto.

“Saya akan sampaikan hasil rapat pimpinan MPR pada beliau hari ini (kemarin, red), tapi beliau tradisinya kan biasa hadir, nanti baru akan kami sampaikan,” ungkap Ahmad Muzani.

Prabowo, yang merupakan ketua umum Partai Gerindra, memang hadir dalam pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada 2014 lalu.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved