Pilgub 2020

News Analisis Pengamat Politik Taufik Tumbelaka : Jelang Pilgub, PDI Perjuangan masih Uji Pasar

Namun walaupun PDI Perjuangan memiliki peluang lebih besar bukan berarti tidak akan ada perlawanan dari partai politik (parpol) lain.

News Analisis Pengamat Politik Taufik Tumbelaka : Jelang Pilgub, PDI Perjuangan masih Uji Pasar
ryo noor/tribun manado
News Analisis Pengamat Politik Taufik Tumbelaka : Jelang Pilgub, PDI Perjuangan masih Uji Pasar 

TRIBUNMANADO. CO. ID - Posisi kekuatan PDI Perjuangan saat ini dapat dikatakan menguasai hampir semua titik dari peta politik di Sulut, ini menyebabkan PDI Perjuangan memiliki probabilitas kemenangan leih tinggi dalam Pilkada Gubernur 2020 dibandingkan kekuatan politik lain seperti Nasdem dan Partai Golkar (PG).

Namun walaupun PDI Perjuangan memiliki peluang lebih besar bukan berarti tidak akan ada perlawanan dari partai politik (parpol) lain.

PDI Perjuangan harus mengambil langkah proaktif dan antisipatif terhadap peta kekuatan 3 zona politik yang berbeda, Nusa Utara, Minahasa Raya (plus Manado) dan BMr.

Diketahui PDI Perjuangan untuk zona Minahasa Raya memiliki basis massa cukup kuat di Minahasa, Mitra, Minut dan juga Bitung.

Namun untuk Tomohon, Minsel dan Manado nampak PDI Perjuangan harus mewaspadai dikarenakan ada kekuatan parpol lain dan juga beberapa figur menonjol yang kebetulan berseberangan dengan PDI Perjuangan.

Untuk BMr diketahui PDI Perjuangan mengandalkan Herson Mayulu yang dalam Pileg 2019 memperoleh suara cukup signifikan, lebih dari 80.000 suara. Selain itu ada sejumlah kader lain dari PDI P yang didapat diandalkan menjadi vote getter seperti Janny dan James Tuuk dan juga Rocky Wowor.

Untuk zona BMR nampaknya akan tidak mudah dihadapi PDI Perjuangan karena ada Nasdem dan juga PAN yang juga memiliki basis massa kuat dan pastinya akan sangat merepotkan kecuali terjadi koalisi atau pindahnya sejumlah figur yang berseberangan dalam arti "naturalisasi" masuk dalam barisan PDI P dengan fungsi sebagai vote getter.

Dari 3 zona politik nampaknya BMr akan menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri yang akan memakan energi tidak kecil.

Zona Nusa Utara sedikitnya PDI P mempunyai kekuatan cukup walaupun dominasi agak kuat di Sitaro, Kekuatan PDI Perjuangan di kabupaten Sangihe dan kabupaten Talaud nampak akan mendapat perhatian lebih guna mengamankan kekuatan politik karena ada figur-figur menonjol diluar PDI P seperti E2L, Bupati Jabes Gaghana dan lainnya yang jelas bukan dibarisan PDI P.

Nampaknya PDIP akan dihadapi beberapa pilihan dalam mengajukan kandidat, akan kolaborasi Minahasa - BMR, Minahasa - Nusa Utara sebagai langkah politik harmoni walaupun masih ada peluang seperti Pilgub 2015 dimana PDI P dengan mengajukan Minahasa - Minahasa melalui OD-SK.

Terkait munculnya beberapa spekulasi calon kandidat seperti Steven Kandouw (SK) - Herson Mayulu, SK - Edwin Silangen atau Andy Silangen bahkan SK - Robby Dondokambey (RD) adalah bagian dari manajemen issue yang dilempar pihak-pihak tertentu dalam rangka uji pasar sekaligus melihat arah dinamika politik.

Terlepas semua itu, sebagai parpol besar tentunya PDI P mempunyai kalkulasi politik yang kuat dalam mempertahankan domninasi kekuasaan khususnya di Pilgub 2020 dimana hal ini sangat terkait dengan persiapan 'perang besar' di Pilkada serentak 2024. (ryo)

BERITA TERPOPULER:

Baca: INFO Gempa Terbaru, Terjadi Senin 7 Oktober 2019, Banyak Warga Panik, Ini Lokasi dan Kekuatannya

Baca: Anak Ketiga Nikita Mirzani Ingin Diadopsi, Respons Mantan Istri Dipo Latief Tak Biasa

Baca: 4 Jenderal TNI AD Ini Punya Pengalaman Tempur Terbaik di Kopassus, Pimpin Misi Berbahaya

Baca: Al Diculik Paman (44) dan 2 Pria Lain, Disetubuhi Paksa Berungkali, Dijadikan ART, Kini Linglung

Baca: Rocky Gerung Ketahuan Tak Lulus 4 Jurusan Perkuliahan, Ruhut: Layu Sebelum Berkembang

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 8 Oktober 2019: Aquarius Beruntung, Pisces Jangan Menyerah

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved