Berita Manado

Legislator Ini Ingatkan Pemerintah dan Masyarakat Waspada Ancaman Bencana Alam

Sekira lebih dari sepekan musim hujan melanda Kota Manado, Sulawesi Utara.

Legislator Ini Ingatkan Pemerintah dan Masyarakat Waspada Ancaman Bencana Alam
TRIBUN MANADO/SITI NURJANAH
Jimmy Gosal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekira lebih dari sepekan musim hujan melanda Kota Manado, Sulawesi Utara.

Pergantian musin kemarau ke musim hujan membuat tak sedikit orang khawatir terlebih saat musim kemarau tak sedikit sampah tertumpuk dan akan menyebabkan banjir di saat musim penghujan.

Terkait ancaman banjir dan tanah longsor, DPRD Kota Manado kembali mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai ancaman bencana alam.

Hal tersebut disampaikan legislator Manado, Jimmy Gosal, Selasa (8/10/2019).

Anggota DPRD fraksi PDI Perjuangan mengafakan, meskipun sebagian wilayah di Sulawesi Utara masih kemarau, tetapi sebagian besar sudah mulai hujan termasuk di Kota Manado.

"Hal ini harus diwaspadai pemerintah kota bila mana potensi curah hujan tinggi bisa menhebabkan banjir dan longsor," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah kota harus bisa mengambil langkah antisipasi mengingat struktur tanah di sebagian wilayah Kota Manado berpotensi terjadi tanah longsor saaf curah hujan tinggi.

"Jangan sampai sudah kejadian baru bingung melakukan upaya menolong korban tetapi sudah terlanjur ada jiwa melayang, sebisanya begitu memasuki musim hujan langkah antisipasi dilakukan," bebernya.

Oleh karen itu, hal-hal teknis mulai dari mengantisipasi bisa dilakukan mulai dari sekarang.

"Sebagai orang awam termasuk kami di DPRD ini, hal-hal teknis seperti itu tidak begitu dipahami, maka kami sekadar mengingatkan kembali kepada pemerintah agar dapat melakukan langkah penanggulangan," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved