Berita Boltim

Argo Sebut Program Pro-Rakyat Gagal Perencanaan

Pembangunan RTLH di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, nilai gagal perencanaan oleh anggota DPRD Argo Sumaiku.

Argo Sebut Program Pro-Rakyat Gagal Perencanaan
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Argo Sebut Program Pro-Rakyat Gagal Perencanaan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, nilai gagal perencanaan oleh anggota DPRD Argo Sumaiku.

Menurut dia, program pro-rakyat tahun ini, memang sangat cocok dan tepat sasaran.

Namun proses perencanaan dinilai gagal.

Harusnya perencanaan pembangunan dari awal tahun, jangan nanti diakhir baru dikejar. Akhirnya pembangunan tidak selesai dan terjadi Silpa.

"Kami pending 200 unit pembangunan RTLH tahun depan, takutnya Silpa lebih banyak nantinya," ujar Argo Sumaiku, Selasa (08/10/2019).

Kata dia, melihat pembangunan proyek tahun lalu, banyak temuan BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara, terkait pembangunan RTLH. Namun langsung diselesaikan kerugiannya oleh penyediaan barang kepada negara.

Hal tersebut harus diperhatikan pemerintah daerah terkait pengawasan pihak ketiga dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.

Anggaran pembangunan RTLH tahun ini cukup besar Rp30 juta rupiah, dibandingkan lalu Rp18,5 juta rupiah. Jadi perlu adanya pengawasan lebih dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait.

Lanjut dia, tahun ada sekitar 260 unit yang bakal dibangun di tujuh kecamatan. Dikwatirkan tidak selesai dikerjakan oleh pihak ketiga, karena waktu terlalu singkat tiga bulan.

Kepala Dinas Sosial, Slamet Umbola mengatakan, ada tujuh paket yang sudah dilelang. Sekarang pihak ketiga sementara melakukan proses pekerjaan.

Halaman
12
Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved