Berita Kotamobagu

ASN Kota Ini Raih Juara Tingkat Nasional, Bertekad Jaga Keutuhan NKRI

Satu lagi putra terbaik Bolaang Mongondow, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kota Kotamobagu berhasil menorehkan sejarah.

ASN Kota Ini Raih Juara Tingkat Nasional, Bertekad Jaga Keutuhan NKRI
ISTIMEWA
ASN Kota Ini Raih Juara Tingkat Nasional, Bertekad Jaga Keutuhan NKRI 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satu lagi putra terbaik Bolaang Mongondow, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kota Kotamobagu berhasil menorehkan sejarah.

Ia sebagai pemenang lomba pemilihan Penyuluh Agama Hindu tingkat nasional tahun 2019 di Jakarta yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia.

I Wayan Alit Sudarma SAg putra kelahiran Mopugad, Dumoga Utara itu berhasil memperoleh nilai tertinggi dari empat aspek peniliaian yang dilombakan, meliputi ke-penyuluhan, tes tertulis, wawancara dan terakhir dharma wacana (khotbah-red).

"Sikap moderat perlu dikedepankan dalam menjaga NKRI agar tetap utuh. Indonesia ini sangat majemuk terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa, budaya dan adat istiadatnya.

"Kalau dikelola dengan baik akan berguna, tapi kalau salah kelola akan berbahaya.

"Dalam Hindu, banyak ajaran yang membimbing kita hidup rukun seperi Tat Twam Asi, Lokasamgraha, Trihita Karena, dan lain-lain," Inilah Inti penggalan khutbah I Wayan yang menghantarkannya juara nasional, katanya, Senin (7/10/2019).

Atas prestasinya itu, lima tim juri lomba Penyuluh Agama Hindu tingkat nasional memberinya nilai total 8183, menyisihkan I Kadek Satria SAg MPd asal Provinsi Bali dan Dewa Putu Antara SAg MPd asal Provinsi Lampung.

"Selama lomba, saingan terberat saya I Kadek Satria SAg MPd asal Bali, nilai kami hanya terpaut satu angka saja.

"Saya 8183 kadek 8182 tapi saya bersyukur dan sangat senang bisa terpilih menjadi yang terbaik," tutur bapak tiga anak ini.

Menurut I Wayan Alit Sudarma, dirinya sudah tiga kali mengikuti lomba penyuluh agama Hindu dan ketiganya berhasil menembus tingkat nasional dan berhasil membawa pulang medali dan penghargaan.

Halaman
12
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved