News

Kusuma Youth Competition Akan Dibuat di Paroki Guaan, Ini Agenda Kegiatannya

Komisi Kepemudaan Keuskupan Manado (Kusuma) akan mengadakan Kusuma Youth Competition di Paroki Santo Fransiskus Xaverius Guaan.

Kusuma Youth Competition Akan Dibuat di Paroki Guaan, Ini Agenda Kegiatannya
Istimewa
Kusuma Youth Competition Akan Dibuat di Paroki Guaan, Ini Agenda Kegiatannya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Kepemudaan Keuskupan Manado (Kusuma) akan mengadakan Kusuma Youth Competition di Paroki Santo Fransiskus Xaverius Guaan. Sejumlah lomba bakal dipertandingkan.

"Menindaklanjuti hasil TAPP OMK III di Paroki Hati Kudus Yesus Keroit dan SK Komisi Kepemudaan Keuskupan Manado No. 009/SK/A/KOMKEP-KM/IV/2019 tentang Penetapan Paroki St. Fransiskus Xaverius Guaan sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Kegiatan Youth Competition 2019, dengan ini kami selaku Panitia Pelaksana Kegiatan mengundang seluruh Orang Muda Katolik Keuskupan Manado untuk mengikuti dan berperan aktif pada acara Youth
Competition. Itu akan diselenggarakan pada Kamis, 14 November 2019 sampai Minggu, 17 November 2019 di Paroki St. Fransiskus Xaverius Guaan," ujar Enal Muaya, Pubdok Panitia, Minggu (6/10/2019)

Ia mengatakan orang Muda Katolik (OMK) sebagai bagian dan anggota gereja merupakan pilar yang berpengaruh dalam kehidupan dan pelayanan serta perutusan gereja. Dalam perutusannya, diharapkan dapat membawa Kristus sebagai injil yang hidup dan menjadi OMK yang Cerdas, Tangguh, Militan, Missioner.

"Dalam perutusannya, OMK akan dihadapkan oleh zaman dan kondisi yang penuh tantangan, hambatan, sukacita, kebersamaan yang kadang kala OMK belum memaknainya dengan benar. Kondisi semacam ini tentu perlu diimbangi dengan pribadi-pribadi yang memiliki integritas, peduli, pengendalian, ketegaran, memiliki jati diri dan iman yang kokoh," katanya.

Ia mengatakan Gereja menyadari bahwa OMK akan terus berkembang dan diutus. Gereja punya harapan besar dan perlu memberi wadah agar OMK dapat mengaktualisasikan diri mereka. Gereja ingin menyajikan Injil Kristus sebagai pemberi makna kehidupan sehingga OMK benar-benar Murid Kristus.

"Maka dari itu, Gereja telah mempersiapkan sarana dan wadah berupa kegiatan KUSUMA Youth Competition yang di dalamnya memiliki banyak kegiatan dalam bidang kerohanian,kesenian dan olahraga. Maksud kegiatan ini yaitu dapat menjadi sarana menumbuhkembangkan semangat
persatuan dan persaudaraan antar Kaum Muda Katolik Keuskupan Manado dan sarana pendampingan menuju pembentukan kaum muda yang berkualitas," katanya.

Ia mengatakan dengan ini diharapkan orang muda merasa bangga akan kekatolikannya dan dengan bentuk kegiatan yang sesuai dengan kegiatan
kekhasan kaum muda berupa kompetisi, sehingga banyak kaum muda boleh hadir dan ambil bagian di dalamnya.

Selain itu juga dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, memperkokoh Iman dan Identitas Katolik OMK, juga untuk mengasah dan menambah wawasan serta keterampilan agar menjadi OMK yang menginjili dan sejati dalam keluarga, masyarakat dan gereja.

"Kegiatan ini bernama “Kusuma Youth Competition 2019” dengan tema “OMK Kusuma adalah pribadi-pribadi berjiwa militan dan selalu hidup dalam sukacita Injil dengan sub tema "membangun semangat dan persaudaraan OMK Kusuma dengan berkompetisi dalam bidang seni, olahrag dan liturgi secara sehat dan kristiani. Kegiatan ini dilaksanakan di Kevikepan Stella Maris dengan Panitia Pelaksana Paroki St. Fransiskus Xaverius Guaan, Kecamatan Mooat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara," ujarnya.

Ia mengatakan dasar kegiatan ialah keputusan Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Manado No.009/SK/A/KOMKEP-KM/IV/2019, keputusan Pastor Paroki St. Fransiskus Xaverius Guaan, Rapat Dewan Pastoral Paroki St. Fransiskus Xaverius Guaan dan Hasil TAPP OMK III di Paroki Hati Kudus Yesus Keroit

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved