Pilkada 2020

Bawaslu Minsel: Hingga Kini Belum Ada Pembahasan Lanjutan Anggaran Pilkada

Komisioner Bawaslu Sulut Kenly Poluan mengatakan bahwa Bawaslu bukanlah pengemis untuk meminta minta anggaran kepada pemda.

Bawaslu Minsel: Hingga Kini Belum Ada Pembahasan Lanjutan Anggaran Pilkada
TRIBUNMANADO/ANDREW PATTYMAHU
Komisioner Bawaslu Sulut Kenly Poluan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) serentak di Indonesia rencananya digelar 23 September 2019. Di Sulawesi Utara (Sulut) ada 7 kabupaten/kota yang menggelar pesta demokrasi lima tahun sekali ini termasuk di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Namun walaupun sudah memasuki tahapan di bulan Oktober 2020 ini, Pilkada Minsel belum ada kejelasan anggaran.

Komisioner Bawaslu Sulut Kenly Poluan mengatakan bahwa Bawaslu bukanlah pengemis untuk meminta minta anggaran kepada pemda.

Alasannya negara telah memerintahkan pemerintah daerah untuk memfasilitasi pelaksaan pemilihan kepala daerah yang tertuang jelas dalam undang undang.

Bahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI yang terbaru kebutuhan anggaran pilkada harus disepakati antara pemda dan penyelenggara pemilu barulah bisa ditandatangani.

Mantan Ketum DPP GMKI ini menambahkan lagi, selaku Korwil Minsel dia akan terus memonitoring perkembangan terkait hal ini.

Bia terus berlarut larut belum juga ada kejelasan maka Bawaslu akan mempertimbangkan mengeluarkan rekomendasi penundaan Pilkada di tahun 2024.

Komisioner Bawaslu Minsel Franny Sengkey Rabu (2/10/2019) menambahkan sampai sekarang belum pembahasan lebih lanjut soal amggaran.

Bebeberapa waktu lalu Sengkey meugatakan ntuk tahapan Pilkada Minsel yang dimulai Oktober sampai Desember 2019 diperlukan sekurang-kurangnya dana sebesar Rp 1,3 miliar.

"Dana ini untuk membentuk penyelenggara dari tingkat kecamatan sampai ke desa/kelurahan termasuk honorarium mereka," kata dia. (dru)

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved