Kacamata Dijamin Program JKN-KIS

Pada pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional JKN-KIS yang mulai dijalankan sejak tahun 2014

Kacamata Dijamin Program JKN-KIS
istimewa
Kacamata Dijamin Program JKN-KIS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Pada pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional JKN-KIS yang mulai dijalankan sejak tahun 2014 hingga saat ini tentunya masih terdapat permasalahan dan kendala yang dihadapi, salah satunya adalah masih adanya masyarakat yang belum sepenuhnya terpaparkan informasi terkait apa saja yang bisa ditanggung dan tidak bisa ditanggung dalam Program JKN-KIS.

Salah satu yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah alat bantu kesehatan bisa dijamin atau tidak oleh BPJS Kesehatan.

Seperti halnya yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 terkait jaminan kesehatan pada pasal 46 yang berbunyi bahwa setiap peserta berhak memperoleh manfaat jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative, termasuk pelayanan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan.

Sesuai ketentuan tersebut salah satu alat kesehatan yang bisa dijamin adalah kacamata tentunya sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Seperti halnya pada saat kunjungan tim jamkesnews di Optik Internasional Tomohon sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk melayani alat bantu kacamata.

“Dengan adanya penjaminan kacamata pada Program JKN-KIS masyarakat jadi sangat terbantu khususnya bagi masyarakat yang sudah berusia lanjut (lansia) yang sudah memiliki gangguan pada penglihatannya," ujar Fandi, penanggungjawab Optik Internasional.

Lanjutnya dari rata-rata kunjungan peserta yang menebus resep alat bantu kesehatan kacamatanya di optik kami merasa sangat bersyukur dan baru mengetahui kalau memang kacamata bisa dijamin oleh Program JKN-KIS.

Namun sesuai dengan ketentuan untuk penjaminan alat bantu kesehatan kacamata harus mengikuti ukuran yang telah ditetapkan yaitu untuk shiperis minimal 0,5 dan cylinder minimal 0,25 dengan batas waktu pengambilan paling cepat 2 tahun sekali.

Untuk nominal penjaminan dibedakan permasing-masing kelas perawatan yaitu bagi peserta kelas 1 dijamin sebesar Rp. 300.000,-, kelas 2 dijamin sebesar Rp, 200.000,- dan kelas 3 dijamin sebesar Rp. 150.000,-.

Di tempat terpisah Kepala Kantor Kota Tomohon Ikya Ulumudin berharap agar informasi dapat terus dilakukan kepada masyarakat.

“Saya harapkan informasi adanya penjaminan alat bantu kesehatan kacamata bagi peserta JKN-KIS bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat dan tentunya butuh dukungan dari semua pihak agar hal ini dapat diwujudkan untuk mengsukseskan Program JKN-KIS,” tutupnya. (ap/iu).

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved