Bisnis

Produk VCO Sulut Dimanfaatkan Industri Farmasi dan Kosmetik

"Salah satu hasil penelitian unggulan yang dimiliki Baristand Industri Manado adalah pengembangan produk Virgin Coconut Oli (VCO)."

Produk VCO Sulut Dimanfaatkan Industri Farmasi dan Kosmetik
IST
Ilustrasi minyak kelapa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri Manado memfokuskan penelitian dan standarisasi industri pengolahan kelapa dan produk turunannya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antara mengatakan, hal ini tak lepas dari potensi Sulut sebagai daerah penghasil kelapa.

Terkait itu, Baristand Industri Manado menggagas kerja sama dengan PT Paramesti Maju Karya dan UD Mandiri.

Penandatanganan kerja sama dilaksanakan pada Jumat (27/9/2019) pekan lalu.

Adapun kerja sama yang dilakukan Baristand Industri Manado dan PT Paramesti Maju Karya terkait implementasi teknologi pengolahan hasil industri kelapa. Sementara kerja sama dengan UD Mandiri menyangkut teknologi pengolahan gula cair.

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberi manfaat lebih bagi perusahaan dalam mengimplementasikan teknologi pengolahan hasil kelapa dan palma lainnya," ujar Antara.

Kepala BPPI dan rombongan kemudian berkunjung ke industri binaan Baristand Manado, yaitu pembuatan profil gypsum serat sabut kelapa di Paal 4 Tikala.

Industri ini menggunakan salah satu hasil penelitian yang dilakukan di Baristand Industri Manado di tahun 2016 yakni pemanfaatan sabut kelapa untuk profil gypsum.

Di tahun 2019 ini Baristand Industri Manado juga telah melakukan beberapa kerja sama, d iantaranya dengan UD Qiara tentang implementasi pembuatan minuman mikroemulsi dari VC dan dengan Sanggar IKM Akrilik terkait pembuatan daging analog dari blondo kelapa.

Katanya, Baristand Industri Manado merupakan salah satu unit pelayanan teknis Kementerian Perindustrian yang memiliki tugas melakukan penelitian dan standarisasi industri.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved