Bisnis

Tabungan Emas Jadi Investasi Favorit, Arsjad Pilih Karena Aman dan tak Tergerus Inflasi

Arsjad, satu di antara puluhan ribu nasabah di Manado yang memilih Tabungan Emas sebagai investasi.

Tabungan Emas Jadi Investasi Favorit, Arsjad Pilih Karena Aman dan tak Tergerus Inflasi
Fernanado Lumowa/tribun manado
Suasana pelayanan nasabah Tabungan Emas di Pegadaian Cabang Manado Utara belum lama ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tabungan Emas kini jadi favorit warga untuk berinvestasi. Hingga September 2019, total nasabah Tabungan Emas di Pegadaian Area Manado 1 mencapai 42 ribuan nasabah. Sementara total saldo tabungan 30,9 kilogram emas.

Arsjad, satu di antara puluhan ribu nasabah di Manado yang memilih Tabungan Emas sebagai investasi.

Saat ini saldo emasnya puluhan gram. Ia memilih emas sebagai investasi karena sangat aman dari inflasi.

"Harganya terus naik dari waktu ke waktu. Tahun 2014, saya mulai menabung harganya Rp 400 ribuan, sekarang sudah Rp 700-an ribu," kata warga Teling Tingkulu ini kepada Tribun Manado, Sabtu (28/09/2019).

Ia melihat, ketika harga dollar AS turun, emas ikut turun tapi margin penurunannya tipis. Lalu naik lagi melebihi margin penurunan. "Dan bisa naiknya itu tiap hari," jelas pegawai Kementerian Kominfo ini.

Arsjad memilih Tabungan Emas karena fleksibel. Ia bisa menyetor kapan saja. Biasanya ia menyetor ketika sudah memiliki uang lumayan besar. "Misalnya kalau sudah ada Rp 10 jutaan, sedikit lebih sedikit dari itu juga pernah, baru setor," katanya.

Menurutnya, Tabungan Emas ini jadi investasi masa depan. Selang dua tahun terakhir, ia belum pernah mencetak emas miliknya. "Kalau investasi uang di bank, kapan saja saya bisa tarik. Kalau ini tak bisa makanya pas jadi investasi," katanya.

Ia berencana kedepan akan melakukan setoran secara autodebet dari rekening gajinya.

Selain Tabungan Emas, Arsjad juga berinvestasi jangka pendek dengan Logam Mulia (emas batangan). Hanya, ini ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan rutin.

"Jumlahnya tak banyak. Manakala ada kebutuhan, emas batangan saya gadaikan. Uangnya untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved