Berita Minsel

Tuela: Demo Petani Tuntut Harga Kopra Jangan Disusupi Kepentingan Kelompok

Tuela: Demo Petani Tuntut Harga Kopra Jangan Disusupi Kepentingan Kelompok

Tuela: Demo Petani Tuntut Harga Kopra Jangan Disusupi Kepentingan Kelompok
ISTIMEWA
Henli Tuela 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Anggota DPRD Minahasa Selatan (Minsel) Robby Sangkoy bakal mengumpulkan seluruh petani di Kabupaten Minsel, Sulawesi Utara, untuk menuntut pabrikan agar jangan mempermainkan harga kopra.

Rencana demo tersebut mendapat tanggapan dari tokoh pemuda Minsel Henli Tuela.

Pendiri Minsel Millenial Movement (3M), Jumat (27/06/2019) mengatakan, bahwa demo sah-sah saja dilakukan karena demi kepentingan petani di 17 kecamatan.

"Tapi yang kami takuti nantinya demo itu bertujuan lain. Jangan sampai demo dilakukan hanya untuk kepentingan kelompok," ujar dia.

Harga kopra yang turun menurutnya bukan salah pabrik, tapi itu berimbas dari perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Pemerintah atau pabrikan tak bisa disalahkan atas turunnya angka kopra di bawah Rp 5.000 per kilogram.

"Kalau memabg demo ini bertujuan demi kesejahteraan petani saya akan turun," kata aktivis Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) ini.

Sebelumnya Robby Sangkoy mengajak kepada masyarakat dan mahasiswa di kabupaten ini untuk berdemo ke pabrik yang selama membeli kopra petani.

"Apakah kita petani masih bisa bersatu?. Harga kipra sekarang sudah turun di posisi Rp 4.700 per kilogram," ucap legislator yang dikenal vokal ini.

Sangkoy yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Minsel ini memgatakan sejak 2018 sampai 2019 harga kopra terus turun dan petani diberdayakan.

Halaman
12
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved