Berita Minahasa

Begini Pesan Rektor kepada Mahasiswa soal Revolusi Industri 4.0

Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS pada, Jumat (27/09/2019) di Tondano setelah menghadiri wisuda mahasiswa.

Begini Pesan Rektor kepada Mahasiswa soal Revolusi Industri 4.0
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Begini Pesan Rektor kepada Mahasiswa soal Revolusi Industri 4.0 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS pada, Jumat (27/09/2019) di Tondano setelah menghadiri wisuda mahasiswa menjelaskan soal kesiapan Unima.

Khususnya memasuki era disrupsi sebagai akibat revolusi industry 4.0.

"Di mana perubahan tidak lagi terjadi secara bertahap seperti jika kita meniti tangga, tetapi bagaikan ledakan gunung berapi yang meluluhlantakkan ekosistem lama dan menggantinya dengan eksosistem baru yang sama sekali berbeda.

"Kita melihat puluhan perusahaan besar yang mapan tumbang dalam waktu singkat akibat muncul pesaing baru yang tak teramalkan sebelumnya," katanya.

Ia menambahkan, perubahan yang muncul pada Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan berkembangnya kecerdasan buatan, penerapan teknologi nano di berbagai bidang dan rekayasa genetis.

Ketika tiga teknologi itu berhasil diaplikasikan, jutaan orang akan kehilangan pekerjaan.

"Lembaga riset internasional Pricewaterhouse Coopers (PwC) pada Maret 2017 lalu sudah memprediksi disrupsi akan membuat 30 persen pekerjaan di Inggris hilang, sementara di AS mencapai 38 persen, di Jerman 35 persen dan di Jepang 21 persen.

"Dalam pertemuan Tahunan EDUCAUSE 2017 Annual Conference Panel on the Future of IT Workforce menyatakan bahwa hampir 80% of CEO’s dan pimpinan proyek IT di 10 tahun ke depan membutuhkan keahlian dan pengetahuan yang tidak bisa ada saat ini," paparnya.

Selain itu Runtuwene juga mentakan, Unima terus berupaya melakukan pembenahan diberbagai bidang untuk mencapai tata kelola Perguruan Tinggi yang baik, transparan dan akuntabel.

"Dengan SDM yamg kita punya; jumlah dosen 872, pegawai 429; dosen bergelar Doktor 214 dan guru besar 38 orang. Kita berusaha terus meningkatkan peringkat regulasi, yang menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas-tugas pengembangan dalam bidang akademik, administrasi umum dan kemahasiswaan," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved