News

Begini Pemaparan Rektor Unima Soal 64 Tahun Berdirinya Kampus

Diterangkannya juga sejarah terbentuknya Kampus Unima yang dilewati di sepanjang perjalanan 64 tahun.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene, MS pada, Jumat (27/9/2019) di Tondano usai menghadiri wisuda mahasiswa menjelaskan perubahan Universitas Negeri Manado hingga berusia 64 tahun.

"Selama 64 tahun sejak dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955, tentang pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Tondano, Universitas Negeri Manado telah melewati jalan panjang dalam keikutsertaan membangun Indonesia tercinta," katanya.

Ia menambahkan ketika PTPG Tondano didirikan, ada tujuan mulia para pendiri, yaitu untuk melengkapi sekolah menengah dengan tenaga akademik yang berhubungan langsung dengan memperbanyak dan mempertinggi mutu sekolah lanjutan di saat Republik Indonesia baru berumur 10 tahun.

Diterangkannya juga sejarah terbentuknya Kampus Unima yang dilewati di sepanjang perjalanan 64 tahun.

Dari PTPG Tondano menjadi FKIP Universitas Hasanuddin Makassar, lalu berubah lagi menjadi FKIP Unhas Tondano di Manado, FKIP Unsulutteng, IKIP Yogyakarta Cabang Manado, yang akhirnya berdiri sendiri menjadi IKIP Manado berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 38 tanggal 8 Maret 1965 juncto Keppres Nomor 275 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965 hingga pada tanggal 13 September 2000 melalui SK Presiden Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2000 bertransformasi menjadi Universitas Negeri Manado dengan adanya perluasan mandat.

Bukan hanya sekedar Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, tetapi Perguruan Tinggi Negeri yang juga menyelenggarakan pendidikan professional.

"Inti dari peringatan Dies Natalis adalah perenungan diri untuk melakukan instrospeksi. Dari perenungan diri ini kita dapat menilai perjalanan kita. Mana yang menurun, mana yang stagnan dan mana yang meningkat, yang untuk kemudian kita bisa merancang dan sekaligus melangkah bersama untuk melakukan berbagai perbaikan dan peningkatan," katanya.

Ia menambahkan, jika diibaratkan dengan manusia, usia 64 tahun bukanlah usia muda ataupun dewasa, tetapi merupakan usia matang.

"Hal ini harus menyadarkan semua civitas akademika UNIMA, bahwa kampus harus terus bergerak ke depan dan mengukir banyak karya dan prestasi seiring dengan usianya yang semakin matang," tandasnya.

Selain itu Runtuwene juga mengatakan pergerakan yang cepat dibutuhkan ketika dunia memasuki era disrupsi teknologi, era revolusi industry 4.0 yang perubahannya begitu cepat.

Sebelumnya, Universitas Negeri Manado menggelar Sideang Terbuka Senat dalam rangka wisuda lulusan program Sarjana semester ganjil tahap satu tahun akademik 2019/2020 yang berlangsung di Auditorium Unima, Kamis (26/9/2019) kemarin.

Selain itu dilaksanakan pula wisuda lulusan program studi Doktor (S3) dan Magister (S2) serta penerimaan dosen selesai studi program Doktor (S3).

Hadir pada acara wisuda tersebut perwakilan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara beserta unsur Muspida Provinsi Sulawesi Utara, perwakilan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dan unsur Muspida Kabupaten Minahasa.

Selain itu para Pembantu Rektor, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Kepala Biro, dan para Ketua Lembaga serta para Pembantu Dekan, para Asisten Direktur Pascasarjana dan Ketua Jurusan/Program Studi di lingkungan Universitas Negeri Manado dan Mahasiswa bersama para undangan. 

Baca: BREAKING NEWS : Anggota Satres Narkoba Polda Sulut Ditemukan Gantung Diri

Baca: Berunjuk Rasa, Satu Mahasiswa Meninggal Dunia, Luka Parah di Bagian Dada Kanan, Polisi Selidiki

Baca: Ribuan Personel TNI Akan Berpindah Tugas, Begini Jumlah Anggota Mabes Yang ke Wilayah Ibu Kota Baru

Baca: Diperiksa KPK, Imam Nahrawi Berpeluang Langsung Kenakan Rompi Orange, Ini Penjelasannya

Facebook Tribun Manado :

Baca: Aksi Demonstrasi Mahasiswa, 2 Universitas Sulut Tidak Ikut Serta: Kami Mengambil Langkah Preventif

Baca: Jokowi Pertimbangkan Terbitkan Perppu KPK, Ketua DPR: Kami Dukung Sepenuhnya

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG Jumat 27 September 2019, Ada Daerah Yang Diguyur Hujan Saat Dini Hari

Instagram Tribun Manado :

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado :
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved