Berita Mitra

Kabupaten Ini Belum Pernah Masuk Nominasi, Muchtar Serius Ingin Raih Adipura

Sebelumnya, sempat menggebu-gebu terkait pemetaan lingkungan yang nantinya bisa menjadi salah satu poin penunjang dalam kategori Adipura suatu wilayah

Kabupaten Ini Belum Pernah Masuk Nominasi, Muchtar Serius Ingin Raih Adipura
INTERNET
Piala Adipura 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebelumnya, sempat menggebu-gebu terkait pemetaan lingkungan yang nantinya bisa menjadi salah satu poin penunjang dalam kategori Adipura suatu wilayah.

Minahasa Tenggara (Mitra), Provinsi Sulawesi Utara, belum pernah masuk dalam seleksi satu wilayah yang dinilai punya potensi sebagai peraih Adipura.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muchtar Wantasen saat dikonfirmasi terkait Adipura, Kamis (26/09/2019).

"Saat ini kita butuh yang namanya keseriusan bila ingin masuk dalam kategori wilayah yang berpotensi mendapatkan Adipura. Kan sudah ada pengalaman, beberapa waktu yang lalu kita belum berkesempatan meraih Adipura. Jadi dikira hal ini bisa jadi evaluasi kita untuk mengubahnya," tutur Wantasen

Dirinya menegaskan bahwa harus ada kerjasama yang maksimal dari semua pihak yang meliputi ini.

Misalnya baik dari pihak kelurahan, sekolah, kantor, pertokoan harus ada keseriusan dan harus ada evaluasi bersama dalam hal ini.

Ia mengatakan juga dalam penilaian sebelumnya, indikator yang sudah mendapat nilai yang memuaskan yakni pengelolan TPA.

"Kita unggul dipoin tersebut. Karena dinilai pengelolan TPA sangat tertata setiap ruang yang ada. Sehingga sirkulasinya jelas mengarah kemana dan manfaat yang ada bisa dirasakan. Untuk itu kesadaran mulai dari kebersihan lingkungan sangat berpengaruh dan menjadi penilaian serius dalam Adipura," katanya.

Untuk itu dari pihak DLH sendiri bakal mengusul adanya rapat bersama dalam membahas kebersihan lingkungan di instansi terkait, perkantoran, kuliner dan wilayah sekolahan.

Permasalahan sampah dikatakannya lagi, dari pihak mereka sementara ini sudah melakukan pengadaan Komposer sebanyak 1.000 Biji, untuk pengolahan sampah.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved