Berita Manado

Pemkot Manado Bekerja Sama dengan ITB dalam Pengembangan Implementasi Smart City

Pemerintah Kota Manado terus melakukan terobosan dan kolaborasi untuk mengembangkan Smart City dengan melibatkan akademisi perguruan tinggi

Pemkot Manado Bekerja Sama dengan ITB dalam Pengembangan Implementasi Smart City
istimewa
Pemkot Manado melakukan kerja sama dengan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) menyangkut Pengembangan dan Implementasi Manado Smart City 

Pemkot Manado Bekerja Sama dengan ITB dalam Pengembangan Implementasi Smart City

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kota Manado terus melakukan terobosan dan kolaborasi untuk mengembangkan Smart City dengan melibatkan akademisi perguruan tinggi, baik yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) maupun dari luar daerah.

Pemkot Manado melakukan kerja sama dengan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) menyangkut Pengembangan dan Implementasi Manado Smart City melalui penandatanganan MoU antara Wali Kota Manado G S Vicky Lumentut dengan Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi, di Ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB Lantai 1 Bandung, Selasa (24/9/2019).

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut mengatakan, Nota Kesepahaman yang ditandatangani antara Pemkot Manado dengan ITB menitikberatkan pada 3 aspek utama.

"Pertama penelitian, pengembangan dan inovasi Smart City dan komponen-komponen yang terkait, yang kedua perencanaan Smart City, termasuk pengembangan tata kelola dan master plan dan yang ketiga terkait pendidikan, pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan dan implementasi Smart City," bebernya.

Lanjutnya, Wali Kota Manasdo mengatakan, sebuah kehormatan dapat melakukan kerja sama dengan ITB.

“Hampir 3 tahun ini Manado sedang mengembangkan Smart City, hal ini dengan adanya ruang pusat kendali yang bernama Cerdas Command Center (C3) yang sudah mendapat tempat bagi warga masyarakat di kota Manado," ucapnya.

POPULER

Yasonna Laoly Malu Lihat Pernyataan Perwakilan Mahasiswa di ILC: Saya Sampai Tutup Mata

3 Mahasiswa Disemprot Menteri Hukum dan Ham: Jika Mau Berdebat, Baca Betul Dulu

> Pemimpin Papua Keluarkan Pernyataan Tegas: Tidak akan Diampuni, Jangan Jadi Korban Referendum

Ia berharap pihak akademisi/perguruan tinggi termasuk ITB dapat membantu Kota Manado baik dalam perencanaan maupun pengembangan masterplan smart city yang lebih terarah menuju kota cerdas.

Menurutnya, Pemkot Manado butuh masukan/bantuan dari segi perencanaan, masterplan, penelitian dan pendampingan SDM menyangkut pengembangan dan implementasi Manado Smart City.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved