Berita Nasional

2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Internasional Polisi Wanita Sedunia

IAWP Conference adalah organisasi yang menaungi polisi wanita sedunia yang didirikan sejak 1915 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Internasional Polisi Wanita Sedunia
ISTIMEWA
2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Internasional Polisi Wanita Sedunia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - International Association of Women Police (IAWP) Conference adalah organisasi yang menaungi polisi wanita sedunia yang didirikan sejak 1915 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Hingga saat ini, anggota IAWP terdiri dari 73 negara, dan pada tiap tahunnya mengadakan konferensi internasional di negara yang berbeda.

Setelah berjalan selama 104 tahun, Indonesia terpilih menjadi negara tuan rumah pertama di Asia penyelenggara IAWP Conference tahun 2020 nanti, tepatnya di Yogyakarta.

Capaian tersebut diraih karena 3 delegasi polwan Indonesia berhasil memenangkan Bidding di Quito, Ekuador pada 5 Maret lalu dengan presentasi yang memukau para Board of Directors.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Brigjenpol Dra Ida Oetari Poernamasasi SAP MA, dan beranggotakan AKBP Yuli Cahyanti SS, MSi, serta AKP Anggraini Putri SIK.

Polwan Indonesia mengangkat tema utama “Women at The Center Stage of Policing” dan berhasil meraih kemenangan saat berhadapan dengan delegasi dari Chichago, Amerika Serikat.

2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Internasional Polisi Wanita Sedunia
2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Internasional Polisi Wanita Sedunia (ISTIMEWA)

Dalam rangkaian persiapan menjelang IAWP 2020, sebanyak 24 delegasi Polwan RI mengikuti The 57th IAWP Training Conference 2019 di Anchorage, Alaska, US dengan tujuan melaporkan perkembangan kesiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah IAWP 2020 pada Board of Director Meeting, melakukan pengamatan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan IAWP 2019 sebagai referensi penyelenggaraan Konferensi IAWP tahun depan.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Brigjenpol Dra Ida Oetari Purnamasasi SAP MA selaku Ketua Region 23 yang membawahi 19 negara, dan didampingi oleh Irjenpol Dr H S Maltha SIK SH MSi selaku Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, serta Brigjenpol Krishna Murti SIK MSi selaku Karomisinter Divhubinter Polri.

Pada pembukaan acara, dilaksanakan Parade of Nations yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa Konferensi Internasional ini dihadiri oleh delegasi polwan dari berbagai belahan dunia.

Kontingen Polwan RI berhasil menarik perhatian dari warga yang melihat di sepanjang rute parade tersebut dengan yel-yel, seragam dan atribut yang dikenakan.

Halaman
12
Penulis: Jufry Mantak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved