Berita Boltim

Musim Kemarau Petani Fokus Tanam Cabai dan Bawang Merah Lantaran Dapat Bantuan

Petani Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara, mulai fokus tanam bawang merah dan cabai dimusim kemarau.

Musim Kemarau Petani Fokus Tanam Cabai dan Bawang Merah Lantaran Dapat Bantuan
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Musim Kemarau Petani Fokus Tanam Cabai dan Bawang Merah Lantaran Dapat Bantuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Petani Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara, mulai fokus tanam bawang merah dan cabai dimusim kemarau.

Menurut Kepala Seksi Hortikultura, Agustina Apena, hampir 60 persen petani hortikultura mulai beralih tanam bawang merah dan cabai.

Kata dia, musim kemarau belum berdampak pada tanaman hortikultura di Kabupaten Boltim, terbukti hingga sekarang belum ada laporan dari petani maupun penyuluh masalah dampak kekeringan.

"Kami belum terima laporan. Justru mereka giat menanam bawang merah dan cabai," ujar Agustina Apena, Selasa (24/9/2019).

Tahun ini ada bantuan bibit bawang merah yang disalurkan ke kelompok sebanyak 5.500 kilogram dari anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah daerah Boltim.

Ada 20 kelompok penerima bantuan yang tersebar di enam kecamatan yakni Kotabunan, Tutuyan, Motongkad, Modayag, Modayag dan Mooat.

Sedangkan bantuan dari pemerintah pusat 10 hektare umbi dan 5 hektare biji. Rencananya akan disalurkan Oktober 2019.

Lanjut dia, tahun lalu, data hasil produksi per 31 Desember 2018 berjumlah 997 ton. Bantuan hanya APBD 8.500 kilogram kepada masing-masing kelompok 175 kilogram.

Sedangkan tahun 2019, dari Januari sampai Mei produksi mencapai 1121 ton.

Jadi kemungkinan bakal naik dua kali lipat hingga Desember nantinya.

Halaman
12
Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved