Selamat Ulang Tahun Sulawesi Utara

Editorial Tribun Manado: Capaian Gemilang Pariwisata Sulawesi Utara

Sulawesi Utara kini berumur 55 tahun sebagai provinsi. Jika diibaratkan manusia, 55 adalah usia yang matang. Kedewasaan yang mumpuni.

Editorial Tribun Manado: Capaian Gemilang Pariwisata Sulawesi Utara
TRIBUNMANADO/FRANSISKA NOEL
Senja menawan dengan latar Gunung Lokon difoto dari Gardenia Tomohon, salah satu lokasi wisata favorit wisatawan lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara. (TRIBUNMANADO/FRANSISKA NOEL) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Undang-undang Nomor 13 Tahun 1964 menjadi tonggak terbentuknya Sulawesi Utara menjadi satu di antara provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sulawesi Utara berubah status menjadi daerah otonom tingkat 1 dengan Manado sebagai ibu kota.

Sebelum menjadi provinsi, Sulut tergabung dalam Provinsi Sulawesi Tengah Utara. Kala itu, di Pulau Sulawesi hanya ada dua daerah tingkat satu, satunya lagi Provinsi Sulawesi Selatan.

Sulawesi Utara kini berumur 55 tahun sebagai provinsi. Jika diibaratkan manusia, 55 adalah usia yang matang. Kedewasaan yang mumpuni.

Provinsi yang berada di jazirah paling utara Pulau Celebes ini telah melewati beragam tantangan zaman bersama NKRI. Menemani pemerintahan tujuh presiden, dari Soekarno hingga Jokowi, Sulut telah 12 kali berganti kepala daerah, dari Arnold Achmad Baramuli hingga Olly Dondokambey.

Dalam perjalanan panjang pimpinan daerah Sulut, mereka silih berganti membawa Sulut dikenal di mata internasional dan nasional.

Sulut pun telah menjadi tuan rumah banyak ajang nasional hingga internasional, di antaranya World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative (CTI) Summit, Sail Bunaken, Pasific Partnership.

Di masa Gubernur Olly Dondokambey, even-even berkelas nasional dan internasional makin beragam. Satu di antara yang akan dilaksanakan Archipelagic and Island States (AIS) Forum Startup and Business Summit. Kegiatan itu akan dihelat 30 Oktober hingga 1 November 2019.

Namun di antara program dan target-target pemerintah provinsi Sulut, yang paling banyak disorot adalah pertumbuhan sektor pariwisata. Di masa Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Steven Kandouw, Sulut merupakan provinsi di Indonesia yang berkomitmen memajukan sektor pariwisata.

Ada banyak objek wisata yang berpotensi diserbu turis di provinsi ini. Setiap kabupaten, menyimpan potensi-potensi wisata itu. Selain Bunaken yang kadung tersohor hingga mancanegara, saat ini ada beberapa objek wisata baru yang mulai dilirik khalayak. Di antaranya, Pantai Patokan dan Tanjung Silar yang berada di daerah Bolaang Mongondow Timur.

Bisnis pariwisata berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi di Sulut. Berdasarkan data dari Compound Annual Growth Rate (CAGR) pertumbuhan pariwisata Sulut tiga kali lipat laju pertumbuhan pariwisata Indonesia.
Dampaknya, CAGR membeber laju pertumbuhan majemuk tahunan Sulut di bidang ekonomi mencapai 66 persen. Angka tersebut membawa Sulut di peringkat pertama di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved