Sulawesi Utara

Forum Cinta Pancasila Minta Jokowi Revitalisasi BPIP

Forum Cinta Pancasila yang didirikan oleh 7 Ormas Relawan Jokowi menyoroti kinerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Forum Cinta Pancasila Minta Jokowi Revitalisasi BPIP
TRIBUNNEWS
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Forum Cinta Pancasila yang didirikan oleh 7 Ormas Relawan Jokowi menyoroti kinerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

BPIP yang dibentuk Presiden Jokowi untuk membumikan kembali pemahaman dan penghayatan ideologi Pancasila itu dinilai kurang maksimal menjalankan tugasnya.

Hal itu disampaikan Yerry Tawalujan dan La Ode Budi Utama, pendiri Forum Cinta Pancasila melalui rilisnya, Sabtu (21/9/2019).

Yerry Tawalujan menyoroti pentingnya revitalisasi BPIP agar dinamis dan proaktif bergerak.

"Kita ini sebenarnya sedang dalam suasana perang ideologi.

Pancasila sebagai dasar negara diperangi oleh ideologi anti Pancasila," kata dia.

Ia menambahkan, dalam perang ideologi ini, seharusnya BPIP itu jenderal lapangan yang menggerakkan semua prajurit.

Semua elemen masyarakat untuk perangi ideologi lain yang hendak runtuhkan Pancasila.

"Tapi kenyataannya BPIP melempem. Seperti tidak melakukan apa-apa. Makanya harus direvitalisasi. Rombak total," ujar Yerry.

Sedakngkan Ir. La Ode Budi Utama menyoroti kepemimpinan Badan Pengarah BPIP yang seharusnya diberikan kepada tokoh-tokoh yang lebih muda.

"Ibu Megawati itu sudah menjadi Ibu Bangsa. Apalagi beliau memimpin partai politik terbesar di Indonesia. Janganlah dibebani dengan tugas di BPIP.

Menurutnya BPIP itu kan perlu memikirkan dan menciptakan program-program kreatif dan aplikatif untuk sosialisasikan Pancasila.

"Jadi di periode kedua kepresidenan, Jokowi perlu berani memberikan tanggungjawab kepada tokoh-tokoh nasional yang lebih muda dan energik untuk duduk di Badan Pengarah BPIP," tegas La Ode Budi Utama. (Nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved