News

Mahfud MD: Kembalikan Mandat, Pimpinan KPK Bisa Dipidana

Pakar Hukum Tata Negara, Profesor M. Mahfud MD menilai pengembalian mandat yang dilakukan pimpinan KPK kepada Presiden Joko Widodo tersebut salah.

Mahfud MD: Kembalikan Mandat, Pimpinan KPK Bisa Dipidana
TRIBUN MANADO/SITI NURJANAH
Seminar Nasional dengan tema Kabinet Presidensial Dalam Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., SH, SU, di Fakultas Hukum Universtas Sam Ratulangi (Unsrat), Rabu (18/9/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Seminar Nasional dengan tema Kabinet Presidensial Dalam Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., SH, SU, di Fakultas Hukum Universtas Sam Ratulangi (Unsrat), Rabu (18/9/2019).

Pakar Hukum Tata Negara, Profesor M. Mahfud MD menilai pengembalian mandat yang dilakukan pimpinan KPK kepada Presiden Joko Widodo tersebut salah.

Mahfud menjelaskan, bahwa KPK dan presiden sama-sama lembaga eksekutif dan KPK tidak bisa mengembalikan mandat kepada presiden.

“Yang ada pimpinan KPK harus mengundurkan diri supaya presiden dapat mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu),” ujarnya.

Ia menambahkan, pimpinan KPK justru bisa dipidanakan sebab dinilai sengaja membiarkan proses hukum dari perkara yang tengah dilakukan KPK.

“Makanya kemarin itu saya mengimbau untuk tetap bekerja. Syukurlah mereka akan bekerja sampai akhir jabatan 18 Desember 2019,” ujarnya. (ana)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved