Lifestyle

Polemik Teguran KPI untuk Spongebob, Sutradara Joko Anwar Minta Bubarkan KPI

Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) memberikan teguran kepada 14 program di beberapa lembaga penyiaran, televisi, dan radio

Polemik Teguran KPI untuk Spongebob, Sutradara Joko Anwar Minta Bubarkan KPI
(nickelodeon)
Para karakter dalam film kartun SpongeBob SquarePants (kiri ke kanan): Plankton, Tuan Crab, Sandy, SpongeBob, Squidward, Patrick, dan Garry. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) memberikan teguran kepada 14 program di beberapa lembaga penyiaran, televisi, dan radio.

Hal ini pun mendapat sorotan masyarakat.

Keempat belas program siaran tersebut adalah program siaran jurnalistik "Borgol" GTV, "Ruqyah" Trans 7, "Rahasia Hidup" ANTV, "Rumah Uya" Trans 7, "Obsesi" GTV, Promo Film "Gundala" TV One.

Ada juga program "Ragam Perkara" TV One, "DJ Sore" Gen FM, "Heits Abis" Trans 7, "Headline News" Metro TV, "Centhini" Trans TV, "Rumpi No Secret" Trans TV, "Fitri" ANTV, dan Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie di GTV.

Alasan disanksi

Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo mengungkapkan bahwa jenis pelanggaran yang ditemukan terkait adanya muatan kekerasan dalam program siaran The SpongeBob SquarePants Movie.

Baca: Spider-Man: Far From Home Film Terlaris 2019 Kalahkan Captain Marvel

Baca: Sutradara Todd Phillips Tidak Berencana Buat Sekuel Film Joker

Baca: Film Disney Raya and The Last Dragon Terinspirasi dari Indonesia

Tidak hanya itu, program siaran kartun SpongeBob SquarePants juga kedapatan berisi adegan kekerasan lainnya, seperti melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu yang disiarkan pada 22 Agustus 2019 pukul 15.06 WIB.

 

Lebih rinci Mulyo menjelaskan, adegan-adegan yang mengandung kekerasan dalam serial ini melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Pasal 14 Ayat 2 tentang perlindungan kepada anak dan Pasal 21 Ayat 1 tentang penggolongan program siaran.

Tayangan itu juga melanggar Standar Program Siaran (SPS) Pasal 15 Ayat 1 tentang perlindungan anak-anak dan remaja dan Pasal 37 Ayat 4 Huruf A tentang klasifikasi R.

Reaksi warganet

Halaman
123
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved