Kebakaran Hutan dan Lahan

Kebakaran Landa Kaki Gunung Klabat dan Perkebunan, Kapolres Bersama Jajaran Bantu Padamkan Api

Peristiwa Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), kembali terjadi.

Kebakaran Landa Kaki Gunung Klabat dan Perkebunan, Kapolres Bersama Jajaran Bantu Padamkan Api
istimewa
Upaya penanganan yang dilakukan unsur kepolisian.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Peristiwa Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), kembali terjadi.

Kali ini Senin (16/9/2019) berlangsung di dua titik sekaligus yaitu di hutan kaki gunung Klabat Airmadidi dan di perkebunan warga di Desa Lansot Kecamatan Kema.

Dalam keterangan pers yang di terima Tribunmanado.co.id dari Polres Minut, proses penanganan untuk karhutla di hutan kaki gunung Klabat Airmadidi melibatkan ‎Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Siagian SIK yang turun langsung melakukan pemadaman api di hutan gunung Klabat.

Kapolres yang didampingi Kabag Ops Kompol Aidit Djafar SH MH, Kasat Reskrim Akp Nohfri Maramis SIK, Kasat Sabhara Iptu Agustinus Towua, Kapolsek Dimembe AKP Edi Susanto, S. Sos bersama anggota, dengan semangat berjibaku memadamkan api yang menyala di seputaran hutan Gunung Klabat.

"Proses pemadaman dan pendinginan berlangsung hingga sore hari. Titik api yang cepat membesar dikarenakan tiupan angin, cukup menyulitkan proses pemadaman api," kata Kapolres.

Polres Minut sendiri sudah memetakan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, personil Polres serta perlengkapan pemadaman juga sudah disiapkan mulai dari tingkat Polres sampai Polsek.

Tak hanya melakukan upaya preemtiv dan preventif, Polres Minut pun akan melakukan upaya represif terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan secara sengaja.

"Kami ingatkan lagi, sanksi hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan tegas. Kami minta masyarakat bisa bekerjasama dengan Polisi untuk mencegah dampak kebakaran hutan maupun lahan yang merugikan banyak pihak,"pesan Kapolres.

Di lokasi perkebunan Desa Lansot Kecamatan Kema penanganan Karhutla dilakukan ‎Polsek Kema bersama anggota Koramil Kauditan Kema.

Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) yang terjadi di perkebunan milik dari Ibu Olke Tuegeh warga desa Lansot, awalnya diketahui oleh Hukum Tua Desa Lansot Julius Roos, Senin (16/9/2019) pukul 15.00 wita.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved