Berita Minahasa

Cengkih Kabupaten Ini Lolos Sertifikasi Kemenkumham!

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey mengatakan bahwa Cengkih Minahasa telah lolos dalam proses sertifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Cengkih Kabupaten Ini Lolos Sertifikasi Kemenkumham!
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Cengkih Kabupaten Ini Lolos Sertifikasi Kemenkumham 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey mengatakan bahwa Cengkih Minahasa telah lolos dalam proses sertifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Bahkan menerima sertifikat indikasi geografis cengkih Minahasa.

”Sertifikat ini diberikan atas dasar pengajuan dari Masyarakat Perlindungan Cengkih Minahasa (MPCM) yang diserahkan langsung oleh menteri hukum dan ham RI pada tahun 2015 yang lalu,” terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (17/09/2019).

Lanjutnya, selain melindungi produk daerah agar tidak di klaim perusahaan besar, sertifikasi indikasi geografis ini bertujuan memberi nilai lebih pada produk lokal.

termasuk produk lokal kabupaten Minahasa seperti cengkih dan kopi.

"Hasil bumi Indonesia yang begitu melimpah dan beragam perlu untuk di lindungi, terutama produk yang memiliki ciri khas kerena faktor alam, lingkungan geografis, manusia, atau kombinasi dari berbagai faktor tersebut yang menunjukan karakter daerah asal tempat produk dihasilkan,” ujar wabup RD.

Lebih lanjut wabup mengatakan bahwa Kita patut berbangga karena cengkih Minahasa bisa menjadi salah satu komoditi unggulan melalui penghargaan Sertifikat indikasi geografis ini.

karna penghargaan ini adalah salah satu pengakuan dimana cengkih Minahasa sudah memiliki standar, disisi lain harganya juga akan mengikuti kualitas cengkihnya.

”Ke depan diharapkan stabilitas dapat terus ditingkatkan, agar para petani bersemangat untuk membudidayakan tanaman cengkih Minahasa yang akhirnya berujung bagi peningkatan kesejahteraan petani,” pintanya.

Ditambahkannya, keadaan inilah yang juga kita harapkan, di mana komoditi kopi Minahasa bisa sejajar dengan merek nasional yang sudah mendunia.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved