Kebakaran Hutan dan Lahan

Begini Respon ROR Atas 50 Kasus Kebakaran di Minahasa

ROR berkata dari semua kejadian masih ada satu yang belum tuntas yaitu di wilayah Warembungan sudah ada kerja sama dengan pihak kepolisian.

Begini Respon ROR Atas 50 Kasus Kebakaran di Minahasa
istimewa
Begini Respon ROR Atas 50 Kasus Kebakaran di Minahasa 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring mengatakan untuk Minahasa pada saat ini ada 50 kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan awalnya hanya membakar sampah tapi akhirnya membesar dan penanganan saat ini ada kerja sama dari TNI Polri.

Saat dikonfirmasi, ROR berkata dari semua kejadian masih ada satu yang belum tuntas yaitu di wilayah Warembungan sudah ada kerja sama dengan pihak kepolisian.

"Kejadian kebakaran Hutan di Kecamatan Tombulu itupun sudah langsung diproses karena kenyataan yang kita dapati ada Perusahaan yang sengaja membuang sampah ke Minahasa dan dibakar setelah itu dibiarkan begitu saja" jelas ROR di Tondano, Selasa (17/9/2019).

Bupati Minahasa pula meminta Petunjuk dan arahan serta Dana untuk Penanganan Kebakaran Hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Minahasa.

Sebelumnya, Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019 di Ruangan C J Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin (16/9/2019).

Rapat di Pimpin Langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,SE mengatakan dengan Di laksankannya Rapat ini karena melihat telah terjadi Kebakaran Hutan yang sangat besar di 15 Kab/kota diantaranya 8 Kab/kota yaitu Kabupaten Minahasa, Bolaangmongondouw,

Bolaang Mongondouw Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Kota Bitung, Manado dan ini pun sudah menjadi Arahan dari President RI Joko Widodo.

"Musim kemarau akan terus berlangsung sampai bulan Oktober. Dari data yang ada ada sekian banyak desa yang mengalami kebakaran hutan, dengan kondisi seperti ini rata-rata penyebabnya adalah ulah manusia sendiri ketika membuka lahan, membuang puntung rokok sembarangan dan membakar lahan. Dalam penanganan selama ini ditangani secara bersama oleh Polhut dan TNI Polri yang ada di kecamatan dan masyarakat setempat serta Pemerintah desa dan mahasiswa Pencinta alam." kata Gubernur

Bencana kebakaran ini sudah besar, untuk itu semua ini, harus ada dukungan dari tim penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Dana yang ada di provinsi dan kota cukup untuk menangani kebakaran hutan dengan Membuat satgas dan memakai dana yang ada," tukasnya.

Dikatahui Gubernur Sulawesi Utara memberi Kesimpulan Rapat setelah mendengarkan Laporan serta Pengeluhan dari setiap Kabupaten/Kota Yaitu Pemerintah kabupaten/ kota terdampak Karhutla segera mengeluarkan penetapan status penanganan darurat melalui penerbitan surat keputusan sehingga dapat menggunakan dana darurat tak terduga APBD dan mengajukan permohonan Dana ke BNPB Pusat.

Melakukan Sosialisasi Rutin Pemerintah Daerah TNI/POLRI di kantor (Dalam Rapat-Rapat, Rumah ibadah, Desa, Kelurahan), Pembentukan Satgas di setiap Desa/Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/kota oleh Pemda masing-masing.

Baca: Dulu Kaya Raya, Bule Inggris Jatuh Miskin Nikahi Gadis Indonesia: Saya Dihisap Sampai Kering

Baca: Dampak Kebakaran Hutan di Kalteng dan Riau, Petugas Temukan Ular Piton, Harimau, hingga King Kobra

Baca: Daftar 4 Selebriti Terkaya Indonesia, Ternyata Bukan Syahrini di Posisi No 1, Lantas Siapa?

FOLLOW FACEBOOK TRIBUN MANADO

Baca: Daftar Nama Anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota, Hasil Paripurna DPR: F-Demokrat Belum Sodorkan Nama

Baca: Sosok Ilona Gadis Polandia di Masa Lalu, hingga Beruntungnya BJ Habibie Jatuh Cinta Pada Hasri Ainun

Baca: WHO: Setiap 40 Detik 1 Orang Bunuh Diri, Begini Cara Berbicara Kepada Orang yang Ingin Bunuh Diri

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN MANADO

Baca: Video Dewasa Mama Muda Lagi Viral, Berdurasi Lebih 3 Menit Beredar Lewat WA, Kini Nasibnya Begini

Baca: 3 Menteri Jokowi Pamitan dan Minta Maaf Jelang Berakhirnya Masa Jabatan

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved