News

Sonambela: Ada 18 Nelayan di KM Inka Mina

18 nelayan Amurang yang melalut menggunakan Kapal Motor Inka Mina 452 dengan mesin 38 GT akhirnya bisa menemui keluarganya, Jumat (13/9/2019) sore.

Sonambela: Ada 18 Nelayan di KM Inka Mina
Istimewa
Pencarian KM Inka Mina 

TRIBUNMANADO.CO.ID - 18 nelayan Amurang yang melalut menggunakan Kapal Motor Inka Mina 452 dengan mesin 38 GT akhirnya bisa menemui keluarganya, Jumat (13/9/2019) sore.

KM Inka Mina 452 sebelumnya pada Kamis (12/9/2019) sempat dikabarkan hilang kontak.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Ir Alexander Sonambela yang mengikuti perkembangan proses pencairan kapal menuturkan nelayan di kapal itu melaut sejak tiga hari yang lalu. "Baru kemarin dilaporkan hilang kontak," kata dia.

Proses pencarian yang melibatkan personil Tim SAR Gabungan akhirnya mendapati kapal itu pada Hari Jumat siang. Menurut Sonambela KM Inka Mina berada di perairan Teluk Amurang.

"Sebelumnya oleh kapten kapal dikabarkan bahwa kapal berada di perairan Manado Tua. Tapi itu karena kapten kapal panik saja," kata dia.

Selama hilang, para kru kapal memanfaatkan logisltik yang ada di dalam kapal. "Jadi saya tanya mereka tak kelaparan karena ada logistik di kapal," ucap Sonambela.

Dia mengatakan penyebab hilang kontak lantaran saat berada di Teluk Amurang sudah tidak dapat signal telepon.

Parahnya lagi, kemudi kapal patah dan mereka tak bisa balik arah. "Tapi mesinnya sangat bagus hanya kemudi kapal yang patah," ucap dia.

Saat kemudi kapal patah, para nelayan mensiasati dengan membuat kemudi darurat. Akhirnya mereka bisa ke perairan yang ada signalnya dan menelepon ke darat.

Baca: Foto Bareng Nagita Slavina Pakai Daster, Outfit Nenek Rafathar Jadi Sorotan

Baca: Antar Penumpang Gadis, Ojek Online Ini Divonis Hakim Lima Tahun Penjara, Ternyata Ini Yang Dilakukan

Baca: Profil Lili Pintauli Siregar, Pimpinan KPK yang Baru, Terkenal saat Kasus Korupsi Anggota Polri

TONTON JUGA :

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved