Berita Mitra

Pemerintah Sertakan Kejari dan Polres dalam Deklarasi Damai Pilkades Serentak 100 Desa

Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) gelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa PILKADES Serentak di Minahasa Tenggara pada 24 September mendatang.

Pemerintah Sertakan Kejari dan Polres dalam Deklarasi Damai Pilkades Serentak 100 Desa
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Pemerintah Sertakan Kejari dan Polres dalam Deklarasi Damai Pilkades Serentak 100 Desa 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) gelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa PILKADES Serentak di Minahasa Tenggara pada 24 September mendatang.

Turut mengundang dalam Deklarasi Damai Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Kepolisian Resor Minahasa Selatan FX Winardi Prabowo.

Kesempatan tersebut diambil Bupati James Sumendap dalam sambutannya, untuk mengajak seluruh elemen masyarakat dan seluruh stakeholder yang tergabung dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019, di Minahasa Tenggara untuk bersama menyukseskan pemilihan ini.

"Ini yang menjadi harapan sebagai kepala daerah. Untuk mensukseskan apa yang menjadi kepentingan rakyat. Seperti halnya Pilkades tahun ini. Dengan adanya inovasi yang menjadi gebrakan pemerintah, dengan menghadirkan panitia pengawas Pilkades, bila berlangsung sukses ke depannya Kabupaten Minahasa tenggara bisa menjadi contoh pada Pilkades diwilayah lain seluruh Indonesia," beber Sumendap pada kesempatannya, Jumat (13/09/2019).

Dengan adanya kabar tak sedap terkait suasana Pilkades yang mulai memanas di beberapa kecamatan berdasarkan informasi, Bupati berpesan kepada seluruh stakeholder bersama para aparat, agar bisa menjaga situasi tetap kondusif hingga puncak pemilihan Kepala Desa Nanti.

"Kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh jajaran pemerintah, para hukum tua, panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilihan, serta seluruh calon hukum tua bahkan seluruh lapisan masyarakat agar bisa menjaga bersama suasana yang aman dan damai sehingga bisa terlaksananya pemilihan hukum tua yang berkualitas dan menghasilkan hukum tua yang profesional," tegas Sumendap.

Dari pihak Kepolisian Resor (Polres) Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, siap mengawal keberlangsungan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Tentunya itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita sebagai pihak kepolisian untuk mengawal pesta demokrasi seperti ini. Untuk pihak Polres akan mengerahkan pasukan untuk mengawal berjalannya tahapan pemilihan hingga hari puncaknya nanti. Diharapkan juga kepada seluruh stakeholder pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat agar bisa membantu pihak kepolisian dalam pengawalan Pilkades tahun ini," tukas FX Winardi Prabowo.

Disisi lain yakni pihak Kejari Minahasa I Wayan Eka Miartha menambahkan dari pihaknya siap memberikan langkah tegas dengan penegakan hukum kepada pihak-pihak yang bermasalah dalam pemilihan kepala desa di Minahasa Tenggara.

"Kita men-support kelangsungan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved