Berita Nasional

PSI: Merevisi UU KPK, Bukan Mereduksi Pemberantasan Korupsi!

Andre Vincent Wenas MM MBA, Politisi PSI, yang juga konsultan, kolomnis dan dosen mengatakan jangan sampai rencana revisi UU KPK.

PSI: Merevisi UU KPK, Bukan Mereduksi Pemberantasan Korupsi!
Tribun Batam - Tribunnews.com
Ilustrasi-logo-kpk-di-gedung-kpk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Andre Vincent Wenas MM MBA, Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang juga konsultan, kolomnis dan dosen mengatakan jangan sampai rencana revisi UU KPK jadi tindakan yang berlebihan.

"KPK memang butuh banyak perbaikan, khususnya dari mekanisme internal penanganan perkara, mekanisme penetapan tersangka, maupun sinergi antara direktorat di dalamnya.

"Hal seperti ini sebagian bisa dilakukan dengan perbaikan SOP di dalam tubuh KPK sendiri," katanya via telepon, Kamis (12/09/2019).

Ia mengatakan pelaksanaan SOP dibutuhkan agar ada kepastian sistem internal.

Pasalnya tantangan KPK kini bukan hanya dari luar tapi terutama dari dalam, untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

"Seluruh partai di DPR yang mengusulkan ini harus bisa menjelaskan alasan mereka mengajukan usulan revisi UU KPK ini, jangan sampai malah melemahkan dan mereduksi upaya pemberantasan korupsi," ujarnya.

Ia mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan usulan revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang disampaikan secara aklamasi oleh seluruh fraksi di DPR tidak boleh malah melemahkan pemberantasan korupsi.

"Kami menangkap kekhawatiran dari masyarakat bahwa jangan sampai revisi UU KPK membuat peran KPK sebagai anak kandung reformasi dalam memberantas korupsi malah menjadi lemah," katanya

Ia mengatakan pekan ini, DPR resmi mengesahkan RUU Revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 menjadi RUU usulan inisiatif DPR untuk segera dibahas bersama dengan Pemerintah.

Revisi UU KPK harus bisa membantu menata sistem internal KPK yang lebih transparan, akuntabel, dan tidak tercemar intervensi dari ideologi atau kekuatan politik tertentu.

Halaman
123
Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved