News

Ikut Rakernas Dekranas, Khouni Harap Ini untuk Pengrajin di Bitung

Ketua Dekranasda Bitung Khouni Lomban Rawung katakan rakernas Dekranas mengambil tema 'Bekerja dengan Hati untuk Memajukan Kerajinan Indonesia.

Ikut Rakernas Dekranas, Khouni Harap Ini untuk Pengrajin di Bitung
Istimewa
Ketua Dekranasda Kota Bitung Khouni Lomban Rawung mengikuti Rakernas Dekranas di Jakarta Pusat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ny Mufidah Jusuf Kalla‎ (JK) ketua umum dewan kerajinan Nasional (Dekranas) secara resmi membuka, rapat kerja nasional (rakernas) Dekranas ditandai dengan pemukulan alat musik talempong oleh Ketua Umum Dekranas Mufidah JK dengan didampingi Nora Ryamizard Ryacudu dan Erni Tjahjo Kumolo‎, di gedung AH Nasution Kementrian Pertahanan Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Gelaran Rakernas Dekranas juga dihadiri Ketua dewan kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dra Khouni Lomban Rawung, bersamaKetua Dekranasda Sulut Ir Rita Domdokambey Tamuntuan, wakil ketua Dekranasda Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanis serta ketua-ketua serta pengurus kabupaten kota se Sulut.

Dalam siaran pers Rabu (11/9/2019), Ketua Dekranasda Bitung Khouni Lomban Rawung katakan rakernas Dekranas mengambil tema 'Bekerja dengan Hati untuk Memajukan Kerajinan Indonesia'.

Dalam keterangannya dikatakan, rakernas Dekranas juga dihadiri presiden ke 5 RI Megawati Soakarno Putri bakal berlangsung sejak tanggal 11-15 September 2019 dengan tuang rumah pelaksanaan Kemenhan RI.

"Informasi yang kami terima dalam rangkaian Rakernas Dekranas akan berlangsung pameran karya Nusantara (Kriyanusa) tahun 2019 di Balai Kartini Jakarta," kata Khouni Lomban Rawung.

Menurut istri tercinta dari Max J Lomban Wali Kota Bitung rakernas ini dipandang perlu karena akan memberikan masukan dan metode dalam pembinaan kerajinan di Desa serta Kelurahan di Daerah.

Lewat pertemuan ini Dekranasda Bitung dapat sinkronkan antara program pusat dan daerah.

"Semoga para pengrajin di Bitung dapat bersaing di pasaran," harapnya.

Khouni juga mengutip sambutan ketua umum Dekranas Ny Mufidah Jusuf Kalla, lewat Dewan kerajinan sebagai lembaga mitra pemerintah khususnya dalam membina dan mengembangkan produk kerajinan yang bernilai budaya menjadi produk bernilai ekonomi‎ yang dapat mengangkat harkat dan martabat perajin Indonesia‎.

Hasil perajin saat ini telah menjadi salah satu penyumbang perekonomian dari sektor ekonomi kreatif, fashion dan kuliner.

Untuk itulah diperlukan upaya nyata untuk mendoorng pengrajin agar dapat bersaing di pasar global.

Peran Dekranas dan dekranasda sangat diperlukan terutama dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) perajin serta program pembinaan yang tepat sehingga pada gilirannya dapat menghasilkan produk kerajinan yang kreatif, berkualitas berbasis tradisi dan warisan budaya yang menguasai pasar dalam negeri dan Internasional.

"Pada pembukaan kemarin, kami seluruh peserta Rakernas Dekranas mengikuti pencerahan tentang hak kekayaan Intelektual oleh Presiden ke 5 RI Megawati Soekarno Putri yang menjelaskan akan pentingnya hak paten masuk dalam sebuah ilmu yaitu hak kekayaan intelektual. Yang pada prinsipnya hak paten akan bisa dilakukan secara lokal dan internasional, sebaiknya produk-produk dipatenkan dari hulu ke hilir untuk menghadirkan pemalsuan produk," tandasnya.(crz)

Baca: Sering Bangun Pagi Lebih Awal, Manfaatnya Luar Biasa, Bisa Bikin Lebih Sehat dan Membuat Kita Fokus

Baca: Oknum Guru Magang Pacari Siswa SMP, Lalu Ajak Berlibur dan Menginap, Hanya Empat Jam Sesuatu Terjadi

Baca: Profil Kivlan Zen, Eks Jenderal TNI yang Menangis di Persidangan, Sempat Kuliah di Kedokteran

Facebook Tribun Manado :

Baca: Ditinggal Pergi Nenek, Kakek 63 Tahun Suntik Cucunya Berulang Kali, Ini Penjelasan Polisi

Baca: BMKG Bantah Asap yang Masuk Wilayah Malaysia dari Indonesia: Tidak Terdeteksi

Baca: Siswi SMP Ditikam Seorang Pemuda, Tak Terima Cinta Ditolak dan Disebut Muka Menyeramkan

Instagram Tribun Manado :

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado :

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved