Sulawesi Utara

Dirkrimsus Polda Tatap Muka dengan PPNS Kementrian dan Instansi Tingkat Provinsi

Dirkrimsus Polda Sulut Kombes Pol Yandri Irsan bersama staf melaksanakan tatap muka dengan PPNS Kementerian dan Instansi tingkat Provinsi.

Dirkrimsus Polda Tatap Muka dengan PPNS Kementrian dan Instansi Tingkat Provinsi
TRIBUN MANADO/JUFRY MANTAK
Dirkrimsus Polda Tatap Muka dengan PPNS Kementrian dan Instansi Tingkat Provinsi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Pol Yandri Irsan bersama staf melaksanakan tatap muka dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian dan Instansi tingkat Provinsi Sulut.

Diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu rumah makan yang berada di Kawasan Megamas, Kota Manado, Sulut, Rabu (11/09/2019) tadi.

Dijelaskan Dirkrimsus, kerjasama ini sudah diatur oleh undang-undang KUHAP, ataupun undang-undang lainnya dan sebagaimana tertuang dalam undang-undang kepolisian.

"Salah satu tugas kita yaitu mengkoordinasikan dan pengawasan terhadap penyidik PNS," ungkapnya.

Katanya juga, tujuannya yaitu, kita meningkatkan atau mengoptimalkan kerjasama khususnya dalam hal proses pendidikan yang dilakukan PNS.

"Kerjasama ini merupakan suatu hal yang positif dan juga kita harapkan adanya ke depan kolaborasi antara pendidik kepolisian dan penyidik PNS dan bagaimana kebijakan pimpinan bahwa proses pendidikan itu khususnya dalam hal penegakan hukum," jelas Irsan.

Lanjutnya, sudah saatnya kita melakukan multidose, yaitu tidak hanya di dalam satu pintu saja kita dalam mengungkap ataupun menjerat kasus-kasus hukum yang ada di wilayah kita.

"Ya salah satu contohnya sudah kita lakukan beberapa instansi baik itu Kementrian dan isasi yang di wilayah Sulut.

"Beberapa instansi seperti Balai POM, LHK, Kementerian, Perhubungan, itu kita lakukan kewenangan daripada PPNS terbatas yaitu mereka tidak bisa melakukan penahanan atau pun melakukan upaya paksa," ungkapnya.

Tambahnya, yang ada beberapa tidak bisa mereka lakukan itulah perlu kolaborasi dan sudah dilakukan penyidik Polri.

Halaman
12
Penulis: Jufry Mantak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved