Berita Ekonomi

Bekraf Fasilitasi 100 Pelaku Ekonomi Kreatif di Sulut Daftar HKI Gratis

Bekraf Indonesia memfasilitasi pendaftaran gratis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi puluhan pelaku ekonomi kreatif di Sulut .

Bekraf Fasilitasi 100 Pelaku Ekonomi Kreatif di Sulut Daftar HKI Gratis
TRIBUN MANADO/FERNANDO LUMOWA
Sosialisasi dan Fasilitasi Pendaftaran HKI bagi pelaku usaha kreatif di Aryaduta Manado, Rabu (11/09/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia memfasilitasi pendaftaran gratis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi puluhan pelaku ekonomi kreatif di Sulut .

Prasetyo Hadi Purwandoko, Ketua Pelaksana Sosialisasi dan Fasilitasi HKI di Manado, mengatakan, dari 150 pelaku usaha kreatif peserta sosialisasi di Manado, ada 98 yang akan difasilitasi gratis pendaftaran HKI.

"Ini sangat membantu karena biaya pendaftaran lumayan besar, yakni Rp 2 jutaan," kata Prasetyo di sela sosialisasi di Aryaduta Hotel Manado, Rabu (11/09/2019).

Katanya, di Manado sektor ekonomi kreatif yang menonjol ialah kuliner dan musik.

Secara total, ada 16 sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Bekraf dan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) menargetkan ada 100 HKI yang didaftarkan dari Manado tahun ini.

Sosialisasi dan Fasilitasi Pendaftaran HKI bagi pelaku usaha kreatif di Aryaduta Manado, Rabu (11/09/2019).
Sosialisasi dan Fasilitasi Pendaftaran HKI bagi pelaku usaha kreatif di Aryaduta Manado, Rabu (11/09/2019). (TRIBUN MANADO/FERNANDO LUMOWA)

"Rinciannya, 40 dari pelaku UMKM binaan Disperindag Sulut dan 60 pelaku ekonomi kreatif yang tergabung dalam komunitas," katanya.

Menurutnya, peserta tahun ini lebih difokuskan kepada komunitas karena untuk kegiatan serupa 2 tahun berturut-turut sebelumnya adalah UMKM binaan Disperindag.

Grace Iroth, satu di antara peserta sosialisasi berharap bisa difasilitasi mendaftar HKI. Grace sendiri hendak mendaftarkan usaha jahit Virgo Tailor miliknya. "Semoga bisa terakomodir," katanya.

Lain lagi Bios Lariwu, salah satu pemilik akun fotografi Torang Bapontar. Bios senang bisa ikut kegiatan itu.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved