News

Terjadi Kebakaran, Jangan Lupa Telepon Damkar di Nomor 112

Ia juga menyarankan warga segera menghubungi call center Siaga 112 kalau terjadi kebakaran.

Terjadi Kebakaran, Jangan Lupa Telepon Damkar di Nomor 112
Istimewa
Ilustasi Kebakaran Rumah Warga 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado harus bergerak cepat untuk memadamkan api yang membakar lahan di Jalan Lengkong Wuaya, Liwas, Kelurahan Ranomuut, Kecamatan Paal Dua, Senin (9/9/2019).

Kebakaran ini menjadi kasus kedua di Liwas, setelah pada 23 Agustus 2019 lalu kebakaran terjadi di gudang kosmetik milik perusahaan Mitra Sekawan yang berada di Lingkungan VI Liwas.

Kebakaran lahan kemarin belum diketahui penyebabnya. Namun, karena berdekatan dengan permukiman sehingga membuat warga panik. Dinas Kebakaran yang dihubungi warga langsung bergerak cepat menuju lokasi. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Kadis Damkar Manado M Sofyan kembali mengimbau masyarakat Manado agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap hal yang memicu kebakaran.

"Harus terus berhati-hati dengan yang bisa memicu kebakaran, baik putung rokok maupun membakar rumput. Kondisi kemarau seperti ini sangat rawan terjadinya kebakaran," ucapnya.

Ia juga menyarankan warga segera menghubungi call center Siaga 112 kalau terjadi kebakaran.

"Jangan tunggu api membesar. Segera telepon baik di Manado Siaga 112 maupun pos jaga Dinas Damkar akan melayani 24 jam. Dan jika memberi keterangan harus jelas, dan jangan main-main," ujarnya.

Sepanjang 2019 ini atau hingga September, Dinas Damkar mencatat sudah 117 kasus kebakaran. Banyak kasus disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik.

Herry Contra, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Dinas Damkar Manado, mengatakan, maraknya kasus kebakaran karena kelalaian warga yang kurang perhatian dalam melakukan pembakaran tanpa melihat cuaca dan angin.

“Juga kebiasaan buruk saat membuka lahan, membakar tanpa mengawasi sehingga api cepat menyebar ke alang-alang yang menyebabkan kebakaran besar yang sulit dipadamkan karena api sudah terlebih dahulu membesar kemana-mana,” kata dia.

Ia pun mengimbau warga memperhatikan listrik sebelum meninggalkan rumah. (ana/ian)

Bila Terjadi Kebakaran :

* Telepon call center Manado Siaga 112 (bebas pulsa di Cerdas Command Center)
* Atau telepon ke 0431-864444 (pos jaga Dinas Damkar Manado)
* Laporkan identitas dan nomor telepon anda
* Laporkan obyek yang terbakar
* Jelaskan alamat lengkap lokasi kebakaran

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved