Berita Minsel

Dihadiri Pimpinan KPK, Bupati Minsel Tandatangani MoU Manajemen Aset Daerah

Bupati Christiany Eugenia Paruntu, melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama optimalisasi pendapatan serta manajemen aset daerah

Dihadiri Pimpinan KPK, Bupati Minsel Tandatangani MoU Manajemen Aset Daerah
Istimewa
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama optimalisasi pendapatan serta manajemen aset daerah di Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Kota Manado Selasa (10/9/2019). 

Dihadiri Pimpinan KPK, Bupati Minsel Tandatangani MoU Manajemen Aset Daerah

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Christiany Eugenia Paruntu, melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama optimalisasi pendapatan serta manajemen aset daerah di Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Kota Manado Selasa (10/9/2019).

Kegiatan yang diprakarsai KPK itu melibatkan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, jajaran pemerintah daerah kabupaten/kota se-Sulut. Sejumlah intansi vertikal seperti kejaksaan tinggi, kejaksaan negeri, ATR/BPN Wilayah Sulut, DJP Wilayah Suluttenggomalut dan Bank Sulut Gorontalo.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Minahasa Selatan (Minsel) Altin Sualang menjelaskan penandatanganan MoU yang melibatkan semua kepala daerah se-Sulut itu digelar dalam rangka optimaliasi pendapatan daerah.

"Termasuk di dalamnya pengelolaan aset secara profesional untuk kemajuan daerah. Selain beberapa lembaga vertikal yang melakukan penandatanganan kerja sama satu di antaranya ATR/BPN," kata dia.

Sualang menerangkan fokus utama kerja sama dengan BPN untuk mendorong percepatan proses sertifikasi tanah pemerintah, koneksi 'host to host' untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Kemudian penggunaan data bersama Zonasi Nilai Tanah (ZNT) dan pendaftaran tanah sistemik lengkap.

BERITA POPULER:

> Benarkah BJ Habibie Meninggal Dunia? Ini Kebenarannya!

> BJ Habibie Meninggal Dunia? Berikut Penjelasan Lengkap Dokter Kepresidenan Soal Kondisi Habibie

> Petarung Wanita UFC Berparas Cantik Ini Unggah Wajah Babak Belur, Kalah dengan Lawannya

"Adapun tujuan mendorong dilakukannya sertifikasi untuk menertibkan aset khususnya tanah di pemerintah daerah dalam konteks mengamankan aset daerah," kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Minsel ini.

Sedang untuk koneksi host to host untuk PBB dan BPHTB serta penggunaan ZNT merupakan langkah untuk mendorong optimalisasi pendapatan daerah.

Halaman
12
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved