News

Dua Perda di Kotamobagu Diperbaharui, Persampahan Bakal Ada Tarif Baru

ota Kotamobagu miliki dua Peraturan Daerah (Perda) baru, setelah ditetapkan sahkan dalam Sidang Paripurna DPRD Kotamobagu.

Dua Perda di Kotamobagu Diperbaharui, Persampahan Bakal Ada Tarif Baru
ISTIMEWA
Dua Perda di Kotamobagu Diperbaharui, Persampahan Bakal Ada Tarif Baru 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Kota Kotamobagu miliki dua Peraturan Daerah (Perda) baru, setelah ditetapkan sahkan dalam Sidang Paripurna DPRD Kotamobagu, Sabtu (8/9/2019) malam.

Dua Perda tersebut yaitu Perubahan Perda 11 tahun 2012 tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi Ranperda perubahan Perda 4 tahun 2012 tentang persampahan.

Meskipun hasilnya masih akan dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Sebenarnya ada satu lagi yang dibahas, namun itu sudah sering dilakukan yaitu Perda Perubahan APBD 2019.

Dua Perda tersebut merupakan inisiatif dari DPRD Kotamobagu.

Untuk perubahan Perda nomor 4 tahun 2012 tentang persampahan/kebersihan terdapat dua perubahan yaitu  ketentuan pasal 8 dan 30.

Pasal 8 adalah penetapan perubahan tarif retribusi untuk 37 objek, di antaranya rumah tinggal, hotel, rumah sakit pemerintah dan swasta, perkantoran, spa, cafe, hingga pusat kebugaran.

Pasal 30 mengatur pemberlakuan enam bulan sesudah diundangkan, dengan harapan dapat tersosialisasi secara maksimal kepada segenap pemangku kepentingan yang ada di Kotamobagu.

"Kami minta perhatian pemerintah Kota Kotamobagu, kajian teknis dalam Perda ini," jelas Djelantik Mokodompit Wakil Ketua DPRD Kotamobagu.

Sebab menurutnya, kenaikan tarif hampir dalam semua objek retribusi sangat signifikan, bahkan ada yang di atas 100 persen.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved