Caleg Terjerat Kasus Narkoba Diwakili Istrinya Saat Pelantikan Anggota DPRD

Ia hanya tersenyum saat memberikan keterangan singkat soal kejelasan nasib suaminya.

Caleg Terjerat Kasus Narkoba Diwakili Istrinya Saat Pelantikan Anggota DPRD
tribuntimur
Rachmat Taqwa Quraisy 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seorang istri dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar periode 2019-2024 hadir mewakili suaminya mengikuti pelantikan, Senin (9/9/2019).

Anggota dewan tersebut bernama Rachmat Taqwa Quraisy yang berasal dari partai Persatuan Pembangunan (PPP). Rachmat sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba oleh tim Satresnarkoba Polrestabes Makassar.

Namun, istri Rachmat, Nurhayani Marzza hadir di acara pelantikan ini. Kedatangan Nurhayani untuk memenuhi undangan yang ditujukan kepadanya. Ia hanya tersenyum saat memberikan keterangan singkat soal kejelasan nasib suaminya.

"Saya kurang tahu (status Rachmat). Saya cuma hadir disini untuk memenuhi undangan. Untuk lebih jelasnya silakan tanya ke partai," kata Nurhayani sewaktu diwawancara usai pelantikan.

Sementara itu Plt Sekretaris DPRD Kota Makassar Andi Sadly mengatakan, Rachmat belum sah sebagai anggota DPRD Kota Makassar. Salah satu syarat sahnya anggota DPRD ialah harus mengucapkan sumpah dan janji pada prosesi pelantikan.

Menurut Sadly, jika ingin dinyatakan sah sebagai anggota DPRD Kota Makassar, Rachmat harus mengikuti pelantikan susulan. "Harus ucapkan sumpah dan janji. Jadi belum dilantik karena dia tidak mengucapkan janji," kata Sadly.

Sadly mengatakan, PPP juga belum mengajukan pengganti Rachmat. Saat ini, lanjut Sadly, pihaknya belum memberikan sama sekali fasilitas-fasilitas penunjang untuk Rachmat.

"Kalau memang misalnya polisi memberikan izin untuk melakukan pelantikan kita lantik, tapi kalau partai inginkan penggantian maka akan diganti," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Caleg PPP yang Terjerat Kasus Narkoba Diwakili Istri Saat Pelantikan Anggota DPRD Makassar", https://regional.kompas.com/read/2019/09/09/13303491/caleg-ppp-yang-terjerat-kasus-narkoba-diwakili-istri-saat-pelantikan-anggota

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved