Berita Boltim

Alkes Kemenkes RI Pernah Ditolak Pemda, Sehan : Minta Diganti Lain

Pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pernah ditolak Pemerintah Kabupaten Boltim.

Alkes Kemenkes RI Pernah Ditolak Pemda, Sehan : Minta Diganti Lain
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Alkes Kemenkes RI Pernah Ditolak Pemda, Sehan : Minta Diganti Lain 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pernah ditolak Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Menurut Bupati Boltim Sehan Landjar, Alkes untuk Dinas Kesehatan Boltim, pernah ditolak dan minta diganti dengan anggaran fisik lainnya.

Namun, hal tersebut tidak bisa diganti, karena sudah sesuai aturan. Ambil atau tidak Alkesnya.

"Kami minta ganti lain. Namun tidak bisa. Dari pada rugi. Lebih baik ambil," ujar Sehan Landjar di Boltim, Sulawesi Utara, Senin (09/09/2019).

Kata dia, Alkes setiap tahun mencapai miliaran rupiah. Pemerintah Boltim, pernah mengusulkan, untuk diganti peruntukannya. Namun hingga kini tidak disetujui.

Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan, DPRD Boltim, Sofyan Alhabsyi mengatakan, pengadaan Alkes perlu dikaji kembali. Sebab dari tahun ke tahun selalu dianggarkan. Apa lagi, ada alat yang sudah rusak, karena tidak digunakan.

"Saya minta kalau boleh Alkes tidak dianggarkan lagi di Dinas Kesehatan Boltim," ujar Sofyan Alhabsyi.

Lanjut dia, hal ini harus diperhatikan Pemkab Boltim, agar anggaran bisa digeser untuk keperluan masyarakat yang lebih penting.

Kepala Dinas Kesehatan Eko Marsidi mengatakan, Alkes ini memang sangat diperlukan untuk membantu pelayanan kesehatan di Boltim.

"Kami tidak bisa menolaknya, karena ini bantuan pemerintah pusat. Sebab daerah lain, sulit mendapatkannya. Boltim diberikan fasilitas ini," ujar Eko Marsidi.

Halaman
12
Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved