News

Adnan Minta Anak Harus Dibuatkan Indentitas

Ia menjelaskan, bahwa mereka punya sedikit perbedaan data, terutama akte lahir. "Ada sekitar 3 ribuan anak-anak kita belum ada akta lahir," ujarnya.

Adnan Minta Anak Harus Dibuatkan Indentitas
alpen martinus/tribun manado
Adnan Minta Anak Harus Dibuatkan Indentitas 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Sekolah tingkat SD hingga SMP se Kota Kotamobagu diminta untuk memasukkan data kependudukan siswa, saat mereka mengikuti sosialisasi pelayanan pencatatan sipil Disdukcapil Kotamobagu, di Kantor Camat Kotamobagu Utara, Senin (9/9/2019).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Asisten III Pemkot Kotamobagu Adnan Masinae, dan nampak dihadiri oleh Kepala Disdukcapil Virginia Olii, Ketua Pengadilan Agama Kotamobagu Drs Muslim, dan seluruh Kepala Sekolah TK, SD, dan SMP se Kotamobagu.

Adnan pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa sosialisasi di bidang pencatatan sipil digelar, lantaran kita punya target bahwa semua warga negara harus punya identitas pendudukan, akte lahir, KTP, dan KIA untuk anak.

Ia menjelaskan, bahwa mereka punya sedikit perbedaan data, terutama akte lahir.

"Ada sekitar 3 ribuan anak-anak kita belum ada akta lahir," ujarnya.

Ia mengatakan, pendataan harus segera dilakukan, sebab kebetulan mereka rata-rata ada di bangku sekolah, dan data-datanya ada di sekolah.

"Sehingga hari ini kita kumpulkan kepala sekolah untuk membantu mendata anak-anak kita, mana yang belum punya KIA atau yang belum punya akte lahir, jangan-jangan ada perubahan," jelasnya.

Sebab menurutnya, dinamika penduduk di Kotamobagu itu pindah masuk cepat sekali prosesnya.

"Sehingga bisa saja karena hal seperti itu, sehingga mereka tidak sempat membuat akte lahir, atau masih menggunakan akte lahir model lama yang digunakan, sehingga itu perlu Diperbaharui dan diganti dengan yang elektronik," jelasnya.

Supaya data bisa disajikan dalam bentuk elektronik atau menggunakan IT untuk pencatatannya.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved