News

Dinas Pariwisata Minahasa Bakal Bangun Lokasi Kuliner

Hal ini disampaikan Drs Teddy DJ Sumual MAP Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa di Tondano, Minggu (8/9/2019).

Dinas Pariwisata Minahasa Bakal Bangun Lokasi Kuliner
andreas ruaw/tribun manado
Dinas Pariwisata Minahasa Bakal Bangun Lokasi Kuliner 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam rangka pemberdayaan potensi potensi wisata yang ada, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Minahasa berupaya melibatkan masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pemberdayaan wisata kuliner disekitar potensi pariwisata.

Hal ini disampaikan Drs Teddy DJ Sumual MAP Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa di Tondano, Minggu (8/9/2019).

“Dengan adanya wisata kuliner tersebut, diharapkan akan membantu untuk peningkatan ekonomi kemasyarakatan, lebih khusus yang ada di benteng moraya maka fokus untuk pemberdayaan obyek wisata kawasan wisata kuliner dan salah satu produk unggulan disamping danau tondano kita jadikan lokasi wisata terpadu juga inovasi yang akan kita tampilkan kedepan.” papar Sumual

Dijelaskan terus berkoordinasi dengan Bupati Royke Oktavian Roring dan Wabup Robby Dondokambey ini tujuannya dalam rangka menjawab misi dalam hal pemberdayaan peningkatan pariwisata, peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kontribusi untuk pembangunan yang ada di tanah minahasa.

“Dengan adanya sentuhan sentuhan yang bersifat pendukung infrastruktur penunjang, seperti jalan menuju akses di situs budaya, berharap akan memikat daya tarik sehingga akan ikut mendongkrak kunjungan wisata.” terangnya.

Adapun Beberapa titik yang akan dikembangkan oleh Dinas Pariwisata kabupaten Minahasa sampai akhir tahun 2019 di lokasi dan situs peninggalan sejarah situs budaya diantaranya adalah Infrastruktur Destinasi Pariwisata Terkait akan hal ini Kadispar Kabupaten Minahasa menghimbau kepada pemerintah desa terus berperan serta berupaya peningkatan keunggulan sebagai desa wisata yang ada.

“Bercontoh pada perkembangan obyek pariwisata lainnya yang ada ditanah Indonesia, dan standar seperti apa sehingga akan berdampak pada perkembangan destinasi pariwisata dengan melibatkan peran Bumdes untuk mengoptimalkan wisata desa yang dimiliki.” ujar Tedy Sumual.

Lanjutnya yang pasti hal ini tidak terlepas hanya upaya pemerintah namun juga harus ada peran masyarakat dalam setiap program yang ada sehingga akan akan terlihat hasil hasil yang akan bersentuhan pada peningkatan kunjungan wisata dan ekonomi masyarakat.

Beberapa fokus perhatian dan program Disparbud Kabupaten Minahasa, yakni diupayakan Pembangunan Gazebo dan tempat MCK yang ada didesa rumbia peningkatan fasilitas MCK di pantai timur parentek dan pantai barat untuk menambah kosentrasi tentang view danau tondano, pembangunan menara pandang danau tondano dan

Gapura yang menunjukan identitas danau tondano.

“Semua program dari Disparbudkab Minahasa, diupayakan selesai tahun ini dimana penggunaan proyek ini memakai anggaran bersumber pada Dana Alokasi Khusus," tandasnya.

Menambahkan Guna memaksimalkan serta membawa minahasa sebagai daerah destinasi wisata unggulan dengan adanya pemberdayaan potensi seni budaya disamping pemberdayaan masyarakat, perkembangan musik kolintang sebagai salah satu musik tradisional minahasa terus digali perkembangannya.

“Penggunaan musik kolintang didesa desa bahkan disekolah sekolah yang bersentuhan sebagai desa wisata pada akhirnya pada kegiatan iven tertentu seperti pada penjemputan tamu musik kolintang khas minahasa akan menjadi salah satu tampilan lokal di Tanah Toar Lumimuut,” pungkas Sumual. (Eas)

Baca: Bayar BPJS Kesehatan Bagi Orang Miskin Setiap Bulannya, Jurani: Saya Lakukan Jauh Sebelum Jadi Caleg

Baca: Ikut Pesta Miras Gadis 16 Tahun Disuntik 2 Pria Lalu Disekap dan Berulang Selama 5 Hari

Facebook Tribun Manado

BERITA TERPOPULER: Pria 54 Tahun Setubuhi Paksa Anak, Gauli Ipar yang Suaminya Sakit, Hubungan Bertiga Istri Tiap Hari

BERITA TERPOPULER: Imandi - Tambun Memanas Lagi, Aparat Kepolisian Siaga Penuh

BERITA TERPOPULER: Fakta Mengejutkan Mengenai Pelaku Yang Tebas Leher Pengantin Baru

Berita Populer: Ayah Paksa Anak Berhubungan Bertiga Ibunya, Tante Ikut Jadi Korban, Begini Modus Bikin Korban Pasrah

Berita Populer : Berikut Kumpulan Arti Mimpi Bagi Asmara Anda, Ini Arti Bermimpi Berhubungan Dewasa Hingga Selingkuh

Berita Populer : Kabar Terbaru Papua: Veronica Koman yang Sedang Dicari Interpol hingga Tanggapan Prabowo Subianto

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO TV:

Baca: Welty Jabat Ketua DPRD Bolmong Sementara

Baca: 11 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Tubuh, Tingkatkan Fungsi Otak Hingga Turunkan Risiko Depresi

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Minggu 8 September 2019: Sagitarius Bikin Kagum, Capricorn Makin Bijaksana

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved