News

Jokowi Jajal Pikap Esemka, 'Kebangetan Kalau Beli Merk Lain'

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Jokowi Jajal Pikap Esemka, 'Kebangetan Kalau Beli Merk Lain'
(TRIBUNSOLO.COM/EKA FITRIANI)
Jokowi saat test drive atau menguji mobil Esemka Bima di Pabrik Esemka, Boyolali, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Presiden Jokowi dan rombongan para menteri kabinet kerja tiba di lokasi peresmian sekitar pukul 10.30 WIB.

Para menteri yang ikut mendampingi itu antara lain Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presdir PT Esemka Eddy Wirajaya dan lainnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto sempat melakukan test drive atau mencoba mobil Esemka Pikap Bima 1.3. Mengenakan kemeja panjang warna putih, Jokowi duduk di mobil jenis pikap bagian penumpang.

Sedangkan Airlangga mengambil alih kemudi. Mereka menyetir mengelilingi rute track mobil yang berada di skitar pabrik. Mobil Bima 1.3 dengan kapasitas 1298 cc berwarna putih tersebut berjalan dengan stabil.

Hingga beberapa kali melewati tanjakan, polisi tidur dan belokan. "Saya dengan pak menteri perindustrian telah mencoba mobil pikap produksi PT SMK yang diberi nama Bima ini 1.200 cc," kata Jokowi setelah test drive.

"Saya coba dan dari awal telah melihat assembly line, finishing line, pengujian mesin semuanya karena proses-proses disini perlu dilihat semua," katanya. Jokowi juga menekankan brand buatan Indonesia merupakan hal yang paling penting.

Dalam sambutannya meresmikan produk tersebut, Joko Widodo mengaku sudah melihat langsung proses produksi dan sudah mencoba produk tersebut. Menurut Presiden Jokowi produk dalam negeri ini luar biasa dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya niaga.

"Saya sudah masuk dan udah tes, lihat memang bagus beli barang ini, Kalau beli barang dari produk lain kebangeten apalagi impor," papar Jokowi.

Mobil produksi Esemka sendiri telah lolos uji tipe di Kementerian Perhubungan untuk 12 model kendaraan. PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) sendiri telah meluncurkan produk perdananya, yakni pikap Bima 1.2 dan Bima 1.3. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, mobil karya anak bangsa tersebut dijual kisaran Rp 110 jutaan sebagai harga on the road. "Harganya kompetitif, jadi kalau nggak salah on the road itu 110 juta sudah dapat mobil seperti itu dan multi fungsi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya.

Halaman
123
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved