News

Starup di Sulut, Begini Tanggapan dari Dosen IBA Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Unsrat

Menurutnya, supaya startup bisa lebih berkembang lagi, mereka juga harus bisa lebih kreatif dan berinovasi.

Starup di Sulut, Begini Tanggapan dari Dosen IBA Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Unsrat
Istimewa
Emilia Margareth Gunawan, SE., MBUSS, Certified Business Ciach, Dosen IBA Program, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi. 

News Nalysis: Emilia Margareth Gunawan, SE., MBUSS, Certified Business Ciach, Dosen IBA Program, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait perkembangan bisnis starup di Sulawesi Utara, Emilia Margareth Gunawan, SE.,MBUSS, Certified Business Ciach, Dosen IBA Program, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi mengatakan, starup di Sulut sudah banyak bahkan memiliki kecenderungan akan naik.

"Jumlah start up di Sulut mulai bertambah, Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Sulut ada sekitar 76,000 an," ujarnya, kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (6/9/2019).

Menurutnya, supaya startup bisa lebih berkembang lagi, mereka juga harus bisa lebih kreatif dan berinovasi.

"Hal ini bisa dilakulan dengan 4 cara yaitu berkreasi dengan 1 product nya di buat lebih kreatif dengan menggunakan strategi ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) dengan mengamati produk yang sudah ada kemudian ditiru dan memodifikasikan lagi produknya, misalnya coklat isi saguer,", jelasnya.

Kemudian yang ke 2 process, dalam hal ini bagaimana produk bisa sampai ke tangan pembeli dengan menjangkau jaringan lebih luas.

"Misalnya melalui E-commerce dan sosial media, selanjitnya yang keempat paradigm, dengan merubah bisnis model, misalnya penjualan souvenir dengan cara MLM (Multi Level Marketing) dan yang terakhir itu positioning, dengan cara merubah pemikiran konsumen tentang produk UMKM, misalnya produk UMKM di buat jadi produk "bintang lima" dimana diperlukan proses pengolahan yang lebih profesional dan bisa menjaga kualitas produk," bebernya.

Oleh karena itu, Ia mengatakan, diperlukan pengembangan inkubator bisnis di Sulut, supaya startup bisnis bisa dihimpun dan dibina, di mana akan ada pendampingan usaha, dimulai dari melakukan riset pasar pembuatan rencana bisnis, pengembangan produk, membuat laporan keuangan, hingga pemasaran. (ana)

Baca: Rekaman CCTV Jemaat Dijahati Saat Doa di Gereja Beredar Luas, Pelaku Ikut Berdoa

Baca: Selain Berorasi Gagalkan Pelantikan Jokowi, Sri Bintang Lebih Dulu Lawan Soeharto, Ini Hukumannya

Baca: Diserang Farhat Abbas dan Elza Syarief, Hotman Paris Kini Lontarkan Sindiran Menohok

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

KABAR ARTIS:

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN MANADO:

BACA INFO MENARIK:

LIKE FACEBOOK TRIBUN MANADO:

IBU KOTA BARU:

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved