Berita Manado

Rakornas Bidang Kominfo 2019, Kota Manado Turut Bersinergi Implementasi SPBE dan SDI

Pemkot Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Komunikasi dan Informatika.

Rakornas Bidang Kominfo 2019, Kota Manado Turut Bersinergi Implementasi SPBE dan SDI
ISTIMEWA
Rakornas Bidang Kominfo 2019, Kota Manado Turut Bersinergi Implementasi SPBE dan SDI 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Komunikasi dan Informatika.

Rakornas itu berlangsung di Aston Denpasar, Bali, Kamis hingga Jumat (05-06/09/2019).

Rakornas yang dihadiri oleh Kadis Kominfo Kota Manado Erwin S Kontu, didampingi Kepala Bidang Aplikasi Informatika Heintje N Lombone mengangkat tema “Harmonisasi dan Sinergitas Penyelenggaraan Urusan Kominfo Pemerintahan Pusat dan Daerah Secara Elektronik”.

Rakornas dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.

Erwin Kontu mengatakan, Rakornas ini menjadi ajang pertemuan seluruh Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia dengan jajaran pimpinan Kementerian Kominfo, serta Kementerian/Lembaga yang tergabung dalam Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektonik (SPBE).

"Rakornas Bidang Kominfo digelar demi terwujudnya harmonisasi dan sinergitas penyelenggaraan urusan Kominfo dan SPBE pusat dan daerah. Saat ini 97% Pemerintah Daerah (Pemda) telah membentuk Dinas Kominfo, namun ada kesenjangan pelaksanaan tugas dan fungsi akibat perbedaan penafsiran atas UU nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Perpres nomor 95/2018 tentang SPBE, serta Perpres nomor 39/2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI)," bebernya.

Ia menambahkan, Pemkot Manado mendukung implementasi UU nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Perpres nomor 95/2018 tentang SPBE, serta Perpres nomor 39/2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

“Bapak Wali Kota Manado G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan sangat atunsias menyambut perapkan SPBE dan SDI di kota manado, apalagi saat ini Manado sedang gencar-gencarnya mengembangkan Smart City," kata Kadis Kominfo.

Menurutnya, dalam Rakornas Bidang Kominfo ini, Kementerian Kominfo mendorong percepatan implementasi SPBE dan SDI seluruh Indonesia.

"Dengan memfasilitasi pertemuan Asosiasi Kepala Diskominfo Provinsi serta Forum Kepala Diskominfo Kabupaten/Kota, yang diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan SPBE dan SDI melalui kolaborasi bersama pemerintah pusat dan daerah," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved