News

Pembangunan Pabrik Semen di Buyat Tunggu Revisi RTRW

"Ya, mereka sudah menyatakan bakal berinvestasi di Boltim. Namun masih ada kendala yakni RT/RW sedang direvisi."

Pembangunan Pabrik Semen di Buyat Tunggu Revisi RTRW
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Kepala Bagian SDA Pemkab Boltim, Hasman Bahansubu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Boltim, membuat sejumlah investor untuk berinvestasi.

PT Darma Satya Semen Nusantara (DSSN) yang merupakan perusahaan bergerak dibidang semen nasional, tertarik berinvestasi di Boltim.

Hal ini dikatakan, Kepala Bagian SDA, Hasman Bahansubu, DSSN melirik salah satu lahan di Desa Buyat, Kecamatan Kotabunan, untuk didirikan pabrik semen.

"Ya, mereka sudah menyatakan bakal berinvestasi di Boltim. Namun masih ada kendala yakni RT/RW sedang direvisi," ujar Hasman Bahansubu, Kamis (5/9/2019).

Lanjut dia, pengurusan surat, masih berproses dilakukan DSSN. Karena acuan masih menunggu revisi Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Potensi di Boltim, bukan hanya itu, namun ada juga disektor pertambangan emas, pariwisata, kelautan, bebatuan dan sektor perkebunan.

Kepala Sub Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Novi Sahusilawane mengatakan, proses revisi tata ruang bakal selesai.

"Tinggal ambil koordinat saja. Apakah sesuai tata ruang atau tidak. Kalau tidak salah itu sudah dimasukan pembangunan pabrik Semen," ujar Novi Sahusilawane.

Ia menambahkan, proses revisi RT/RW pasti bakal dipacu hingga tahun ini. Karena tinggal beberapa tahapan. Satu diantaranya koordinasi dengan Kementrian. (Ven).

Penulis: Vendi Lera
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved