Berita Mitra

Wabup Hadiri Pengelolaan Bumdes Silian

Wakil Bupati Jesaya J O Legi yang mewakili Bupati James Sumendap, membuka langsung kegiatan pelatihan pengelolaan Bumdes Kecamatan Silian.

Wabup Hadiri Pengelolaan Bumdes Silian
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Wabup Hadiri Pengelolaan Bumdes Silian 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wakil Bupati Jesaya J O Legi yang mewakili Bupati James Sumendap, membuka langsung kegiatan pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kecamatan Silian, Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara.

Kegiatan itu berlangsung di Hotel Ibis Manado, Sulawesi Utara, Kamis (05/09/2019).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari dari tanggal 4 s/d 6, untuk membahas pengelolaan Bumdes yang tepat seperti apa.

Seperti yang menjadi salah satu tujuan Dana Desa (Dandes), untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan menggerakkan potensi usaha-usaha kecil di Desa dengan maksud meningkatkan pendapatan keluarga yang akan berpotensi meningkatkan ekonomi melalui suatu wadah yang disebut Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Seperti yang diketahui untuk Sumber Daya yang ada di Desa masih sangat kurang baik dari segi Kuantitas dan Kualitas.

"Ini yang menjadi perhatian pemerintah daerah bahkan dari pemerintah pusat. Sesuai dengan tema dalam HUT Proklamasi yakni SDM Unggul. Untuk itu perhatian pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya yang ada hingga termasuk didalamnya pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)," tutur Legi dalam sambutannya.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) oleh Bupati James Sumendap, melakukan sosialisasi terkait pengelolaan Bumdes ini agar bisa manfaatkan moment pelatihan ini sebaik-baiknya.

"Perlu dipahami, dalam mengelola Bumdes ini tantu diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan berkapasitas baik dalam mengelola administrasi didalamnya, mengelola kauangan maupun mampu melihat jenis usaha yang berpotensi untuk dikembangkan," ujarnya di sela-sela sambutan.

Pemerintah Desa dalam hal ini Hukum Tua selaku penasehat, diminta untuk mengawal dan memberikan masukan yang bersifat membangun untuk perkembangan Bumdes di Desa masing-masing, untuk menciptakan perubahan yang berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat.

"Yang kita perlukan nantinya yakni koordinasi secara bejenjang dan continue mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Kementrian terkait di Pusat. Untuk itu diminta kerjasama yang baik untuk kemajuan masyarakat Minahasa Tenggara khususnya di Kecamatan Silian Raya. Kiranya pelatihan ini bisa bermuara pada rencana kerja tindak lanjut (RKTL) dan rekomendasi yang benar-benar siap untuk diimplementasikan dalam penyelenggaraan di setiap Desa yang ada di Silian Raya," tutup Wabup.

(Tribunmanado.co.id/Giolano Setiay)

BERITA TERPOPULER :

Baca: Elza Seret Istri Reino Barack Lantaran Sempat Dihina Nikita Mirzani, Janjikan Tidak Dipungut Biaya

Baca: Polisi Tangkap Dua Orang Wanita Saat Akan Layani Tamu Khusus Layanan Tiga Orang Sekali Main

Baca: Kebencian Dana pada Aulia Kesuma Terungkap Lewat WhatsApp, AK: Dia Nggak Suka Waktu Saya Hamil Rena

TONTON JUGA :

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved