News

TNI Siap Bantu Buka Semua Jalur Samrat-Boulevard yang 'Tersumbat'

Pemkot Manado meminta bantuan TNI dan Polri untuk mengamankan proses pembukaan sejumlah jalan penghubung antara Jalan Samrat-Boulevard.

TNI Siap Bantu Buka Semua Jalur Samrat-Boulevard yang 'Tersumbat'
Tribun Manado
Pengendara melintas di jalan penghubung Sam Ratulangi-Boulevard yang terpasang portal, Rabu (4/9/2019). TNI Siap turun buka jalur Samrat-Boulevard yang 'tersumbat' 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Manado meminta bantuan TNI dan Polri untuk mengamankan proses pembukaan sejumlah jalan penghubung antara Jalan Sam Ratulangi (Samrat) dan Jalan Piere Tendean atau Boulevard.

Sejumlah jalan penghubung Samrat-Boulevard sulit diakses. Kawasan permukiman yang padat disertai dengan jalan sempit membuat warga membatasi akses pengendara lalu-lalang.

Bahkan ada jalan yang harus ditutup dengan portal. Tak sedikit pula jalan yang bisa diakses tapi dipasangi dengan polisi tidur.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengungkapkan, pembukaan jalan penghubung merupakan bagian dari program penataan ruang publik dan tata kota. Sejumlah jalan Samrat-Boulevard akan dibuka kembali sesuai fungsinya yang sudah diatur pemerintah.

"Jadi kita akan tata seperti itu. Yang tutup jalan saya akan minta TNI/Polri kita buka jalan penghubung antara Jalan Sam Ratulangi dan Boulevard. Yang suka-suka mereka tutup, kita akan tertibkan itu. Itu jalan umum, bukan jalan keluarga, bukan jalan pribadi. Jadi kita harus lakukan ini, karena ini adalah kota bukan kampung," ujarnya, Selasa (3/9/2019).

Selain membuka akses, pemerintah juga akan membongkar polisi tidur-polisi tidur yang dipasang warga. Wali Kota belum memastikan kapan pelaksanaan penertiban itu. Namun, ia menyadari adanya ancaman penolakan warga bila jalur tersebut dibuka.

Komandan Kodim 1309 Manado Kolonel Arh Christian Noel F Tangjong mengatakan, jika Pemkot Manado meminta bantuan, pihaknya siap sedia membantu.

"Nah kemarin saat di kegiatan tatap muka juga Pak Wali juga sudah sampaikan untuk pendampingan nanti saat penertiban pembukaan jalan penghubung. Ya, kami siap untuk mendampingi," ucapnya.

Menurutnya, memang jalan tersebut harus dikembalikan fungsinya sebagai jalan penghubung dalam artian agar bisa dilewati pengendara baik sepeda motor maupun mobil.

"Pihak kami akan membantu kalau memang kami dibutuhkan oleh Pemkot Manado dalam hal ini untuk pendampingan penertiban. Tak hanya TNI, Pak Wali juga minta bantuan ke Polri juga kemarin," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved