Berita Manado

Prihatin dengan Hasil Ujian Nasional SMA, Vicky Lumentut: Harus Perbaiki dari Bawah

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut memberikan perhatian besar terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Prihatin dengan Hasil Ujian Nasional SMA, Vicky Lumentut: Harus Perbaiki dari Bawah
TRIBUN MANADO/SITI NURJANAH
GS Vicky Lumentut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut memberikan perhatian besar terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kota Manado, Sulawesi Utara.

SDM yang akan ditingkatkan termasuk di antaranya pada pendidikan.

Bermula dari keprihatinannya terhadap hasil yang diperoleh siswa-siswa SMA di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang mendapatkan ranking 32 dari 34 provinsi.

"Minggu lalu saya mengambil sebuah langkah untuk mengantisipasi SDM anak-anak kita ke depan, kita prihatin dengan hasil ujian naisoanal yang baru-baru dipublikasi untuk daerah kita, Sulut kita berada pada ranking 32 dari 34 provinsi dipublikasi ini yang di SMA," ujarnya, kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (05/09/2019).

Ia mengatakan, untuk memberikan solusi, dirinya telah melakukan kerja sama dengan Yayasan Putera Sampoerna (YPS) untuk pendampingan pembentukan Pusat Belajar Guru (PBS) di Kota Manado.

"Kehadiran PBG sejatinya untuk mengembangkan institusi pendidikan, dimulai dengan persiapan seluruh guru dimulai dari TK/PAUD, sekolah-sekolah pendidikan dasar maupun menengah di wilayah Manado," bebernya.

Menurutnya, hal tersebut harus diselesaikan secepatnya agar SDM generasi ke depan akan lebih baik lagi.

"Makanya harus diselesaikan dalam artian kami harus memperbaikinya, nah bukan dari SMA tapi harus diselesaikan dari bawah, berati dari PAUD, SD dan SMP harus dan memang kewenang kami kabupaten/kota cuma sampai di SMP sekarang ini kalau SMA/SMK sudah kebijakan nasional sudah ditarik ke provinsi," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya kini tengah mencari solusi terhadap kualitas generasi ke depan, menurutnya kualitas generasi ke depan semkain hari harus semakin baik.

"Dan bagaimana kami mencari solusi terhadap kualitas anak-anak kita ke depan, seharusnya kualitas anak-anak kita makin hari makin lebih baik karena pemerintah sudah memberikan perhatian dengan hadirnya dana sertifikais bagi para guru," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved