Berita Internasional

Paus Fransiskus Kunjungi Mosambik, Ini Cerita Pastor Yance Mangkey!

Pastor Yance Mangkey, Sekretaris MSC Provinsi Indonesia yang diundang khusus dari Jakarta ke Mosambik mengatakan perjalanan apostolik ke-31.

Paus Fransiskus Kunjungi Mosambik, Ini Cerita Pastor Yance Mangkey!
ISTIMEWA
Paus Fransiskus Kunjungi Mosambik, Ini Cerita Pastor Yance Mangkey! 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pastor Yance Mangkey, Sekretaris MSC Provinsi Indonesia yang diundang khusus dari Jakarta ke Mosambik mengatakan perjalanan apostolik ke-31 (4-10 September 2019) dari Paus Fransiskus ke Mosambik Madagaskar.

Dan Mauritius dimulai ketika pesawat Alitalia takeoff dari bandara Fiumicino, Italia, hari Rabu, 4 September 2019, pukul 08.00 dan mendarat di bandara Maputo, Mosambik, pukul 18.06 waktu setempat.

Penerbangan langsung ini ditempuh selama 10 jam.

"Di bandara Sri Paus dijemput oleh presiden Mosambik Filipe Nyusi dan delegasi para Uskup. Dalam perjalanan dengan mobil Paus (Popemobile) sepanjang 7 km dari bandara menuju nunsiatur atau kedutaan Vatikan beliau disambut secara meriah dan antusiasme besar oleh umat dan masyarakat sepanjang jalan" kata Pastor asal Minahasa, Sulawesi Utara ini, Kamis (05/09/2019).

Dalam penerbangan ke Mosambik, Paus melewati wilayah Yunani, Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Uganda, Tanzania, Malawi and Zambia. Ketika terbang di atas wilayah setiap negara tersebut beliau mengirimkan salamnya kepada setiap kepala negara.

"Dalam setiap telegram beliau menyampaikan salam, doa dan berkat Allah untuk warga setiap negara," katanya.

Mosambik merupakan negara republik dengan sistem presidensial, yang memaklumkan kemerdekaan dari Portugal pada 25 Juni 1975.

Sebelumnya pemerintahan berpaham komunis.

Penduduknya berjumlah lebih dari 27 juta dan berbahasa resmi Portugis, sementara itu ada juga banyak bahasa daerah. Agama-agama yang dianut adalah Katolik (30,3%), Islam (19,2%), Protestan (19,2%), dan sebagainya

Tema kunjungan Paus yang diusung adalah "Pengharapan, Perdamaian dan Rekonsiliasi". Salah satu mantra yang muncul adalah: "Sri Paus datang ke Mosambik untuk membawa perdamaian".

Halaman
123
Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved