Berita Manado

Pindah Perusahaan Setelah Sebulan di Taiwan, Hak-hak TKI Korban Pembunuhan di Taiwan Tak Diberikan

BP3TKI Manado bekerja sama dengan KDEI Taiwan serta BP3TKI Serang membantu memfalitasi pemulangan jenazah Ramadan La Saliku.

Pindah Perusahaan Setelah Sebulan di Taiwan, Hak-hak TKI Korban Pembunuhan di Taiwan Tak Diberikan
istimewa
Kepala BP3TKI Manado Hard F Marentek 

TRIBUNMANADO.CO.ID - BP3TKI Manado bekerja sama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan serta BP3TKI Serang membantu memfalitasi pemulangan jenazah Ramadan La Saliku (32) TKI asal Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (04/09/2019).

Diketahui sebelumnya, Ramadan La Saliku merupakan korban pembunuhan di Taiwan.

Kepala BP3TKI Manado, Hard F Merentek SSos mengatakan, Ramadan La Saliku meninggal akibat perkelahian dengan rekan sesama WNI di Taiwan.

"Almarhum merupakan ABK yang bekerja di Taiwan dan dinyatakan meninggal pada tanggal 26 Desember 2018 akibat luka tusukan senjata tajam oleh tersangka "V" yang juga seorang warga negara Indonesia.

"Ia menambahkan, hak-hak almarhum sebagai pekerja imigram tidak dapat diberikan dikarenakan dirinya sudah berganti perusahaan.

"Almarhum telah berganti perusahaan sebulan setelah sampai di Taiwan.

"Jadi pertama almarhum itu jadi pekerja Imigran lewat perusahaan legal nah sampai di sana sudah sebulan di Taiwan almarhum ganti perusahaan.

"Jadi haknya tidak bisa diberikan, terlebih untuk BPJS Ketenagakerjaan dikarenakan ini meninggal karena perkelahian bukan karena saat bekerja," tambahnya.

Lanjtunya, proses pemulangan jenazah terkendala pada proses peradilan di Kejaksaan Taiwan yang mengharuskan pemerintah Indonesia dan pemerintah Taiwan menunda proses kepulangan ke tanah air.

"Selama kasus ini berlangsung semua fasilitas penanganan terkait kasus almarhum ditangani oleh KDEI Taipei," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved