Berita Manado

Pedagang Pasar Tuminting Harus Pindah ke Buha

Maka kebijakan kami, dua pasar ini kita pindahkan. Pasar Tuminting kita pindahkan ke Buha di depan TPA, kemudian Pasar Bahu ke Malalayang.

Pedagang Pasar Tuminting Harus Pindah ke Buha
Google Maps 2018
Pasar Tuminting, Manado, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah Pasar Bahu, Pemerintah Kota Manado kini membidik relokasi Pasar Tuminting.

Wali Kota GS Vicky Lumentut mengimbau para pedagang di Tuminting untuk bersiap-siap pindah ke Buha.

Kepada Tribun Manado di Kantor Wali Kota, Tikala Ares, Selasa (3/9/2019), Wali Kota mengungkapkan, relokasi kedua pasar tersebut merupakan rangkaian dari program pemerintah kota untuk menciptakan jalur hijau dan ruang publik yang ramah lingkungan.

"Salah satu yang kami masukkan dalam list, dilihat yang harus ditata adalah pasar rakyat," ucapnya.

Ia menyebut, Pasar Bahu dan Pasar Tuminting menjadi titik penyebab kemacetan.

Para pedagang tidak lagi berjualan di dalam pasar tapi sudah menempati badan jalan dan trotoar.

“Di Bahu dan Tuminting orang jualan tidak lagi di dalam ruang jualan. Karena sudah banyak pembelinya mereka datang jualan di luar. Kalau di Bahu, jembatan sudah dijadikan tempat jualan, di trotoar sudah digunakan menjadi tempat jualan," jelasnya.

"Pada saat kita berhenti di jalan maka terjadilah antrean yang panjang dan ini mengganggu kelancaran, apalagi yang menuju ke Rumah Sakit Kandou banyak yang mengalami hambatan di sana. Kemudian di Pasar Tuminting, di Tuminting juga karena sudah semakin banyak penduduk di daerah bagian Sumompo, Buha hingga ke Pandu semua datang berbelanja di Pasar Tuminting dan sekitarnya," kata dia.

Lanjutnya, di jalan sudah menjadi tempat jualan bahkan ruko-ruko hingga depan tempat rumah penduduk pun sudah jadi tempat jualan.

"Maka kebijakan kami, dua pasar ini kita pindahkan. Pasar Tuminting kita pindahkan ke Buha di depan TPA, kemudian Pasar Bahu kami pindahkan ke Malalayang," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved