News

Waspada! Setiap Hari Satu Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Manado

“Meninggal dunia di bulan Agustus juga paling banyak yaitu sembilan orang. Sembilan orang yang meninggal hanya dalam waktu dua hari."

Waspada! Setiap Hari Satu Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Manado
twitter.com/tmcpoldametro
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kota Manado sepanjang 2019 atau hingga Agustus sudah tercatat 673 kasus. Jumlah itu mengartikan bahwa setiap hari bisa terjadi satu kasus lakalantas atau dengan rata-rata 1,8 kasus, baik kecelakaan tunggal maupun tabrakan.

Kepada Tribun Manado, Senin (2/9/2019), Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Manado AKP Andri Permana melalui Kepala Unit Lakalantas Ipda Julio Jagratara mengatakan, dari seluruh kasus tersebut 38 orang di antaranya meninggal dunia.

“Sedangkan yang luka berat 7 orang, luka ringan 761 orang," jelas Julio.

Adapun kerugian material dari setiap kendaraan yang rusak, baik mobil maupun sepeda motor, mencapai Rp 259.950.000 juta.

Julio merinci, pada Agustus lalu angka lakalantas paling banyak, mencapai 121 kasus. Korbannya pun paling banyak, baik meninggal dunia, luka berat, dan luka ringan.

“Meninggal dunia di bulan Agustus juga paling banyak yaitu sembilan orang. Sembilan orang yang meninggal hanya dalam waktu dua hari," kata dia.

Ia menjelaskan beberapa faktor penyebab lakalantas, yakni pengendara sering melebihi batas kecepatan dan tidak menjaga jarak aman. Seharusnya batas kecepatan dalam arus normal 50 kilometer per jam, dan 30 kilometer per jam dalam kawasan pemukiman.

Adapun jarak aman bagi pengendara agar tidak terjadi kecelakaan, kalau dalam kecepatan 30 kilometer per jam minimal lima belas meter.

"Masyarakat masih belum patuh terhadap aturan lalu lintas, melanggar rambu, melawan arah, melanggar lampu lalu lintas. Berkendara dalam kondisi tidak normal kecapaian, mengantuk, berkendara melakukan aktivitas lain contohnya bermain handpone atau berbicara dan tidak fokus, " ujarnya.

Yang paling menonjol lakalantas disebabkan karena mabuk minuman keras. Dan ada juga pengendara yang membawa kendaraan tidak layak jalan, tidak lengkap seperti lampu karena sudah ada kecelakaan karena tidak memasang lampu di malam hari.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved